Application of the Pair Checks Learning Model Assisted by Pop Up Book Media in Improving History Learning Outcomes of Class XI IIS Students of SMA Negeri 2 Meulaboh

Nyak Cut Ranti Yaelna*, Teuku Kusnafizal, Sufandi Iswanto

Abstract


Penelitian Dalam pembelajaran sejarah, terdapat keluhan dari guru karena nilai siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran pair cheks berbantuan media pop up book pada mata pelajaran sejarah (2) peningkatan hasil belajar sejarah siswa sebelum dan sesudah penerapan model pair cheks berbantuan media pop up book di SMA Negeri 2 Meulaboh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Meulaboh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan menentukan kriteria-kriteria tertentu ataupun tujuan yang sama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumen, nilai sebelum perlakuan dan tes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh varians nilai test awal 427,86 varian nilai test akrhir  = 114,25 rata-rata nilai tes awal  39,45 dan rata-rata nilai test akhir  = 70,6. Dengan taraf  signifikan (α) = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = (20 – 1) = 19 sehingga dari tabel distribusi t diperoleh , diperoleh ttabel < thitung yaitu 1,73<8,9 atau dengan kata lain thitung > ttabel dalam artian hipotesis H0 ditolak  dan hipotesis H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran pair cheks berbantuan media pop up book dapat  meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IIS 1 SMA Negeri 2 Meulaboh.


Keywords


Learning Model, Pup Up Book

Full Text:

PDF

References


Aditya Dedy Yusuf. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SAP. 1 (2) 167

Angkowo, R dan Kosasih (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Mempengaruhi Motivasi, Hasil Belajar, dan Kepribadian. Jakarta: PT. Grasindo

Azis, A., Nurasiah, N., Zulfan, Z., Kusnafizal, T., Fahmi, R., & Abdar, Y. (2023). Analysis of Aceh’s Economic Recovery After the Tsunami Disaster and Prolonged Conflict Year, 2005. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(1), 249–261. https://doi.org/10.24815/jr.v6i1.31455

Ismail, I., Putri, R. S., Zulfadhli, Z., Mustofa, A., Musfiana, M., & Hadiyani, R. (2022). Student Motivation to Follow the Student Creativity Program. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 351–360. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27641

Jumadi, J. (2023). Revitalisasi Nilai Budaya Suku Cerekang Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 815–821. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24919

Lindawati, L. (2023). Pengaruh Penggunaan RRP Dapat Meningkatkan Nilai Belajar Siswa Semester Ganjil di MIN 17 Bireuen Tahun Pelajaran 2022-2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 33–52. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24745

Matitaputty, J. K., & Sopacua, J. (2023). The Effectiveness of the Learning Cycle 5E Learning Model in an Effort to Improve Learning Outcomes of History. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 740–747. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24816

Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 799–805.

Nurasiah, N., Amalina, S. N., & Azis, A. (2021). Pengaruh pembelajaran outdoor learning dengan strategi daring terhadap prestasi belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah USK Aceh. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(3), 659–667. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i3.669

Nurasiah, N., Kusnafizal, T., Azis, A., Amalina, S. N., Zulfan, Z., & Sakdiyah, S. (2022). Registration of Geographic Indications of Alcohol Beverages from Abroad in Indonesia. Humaniora, 13(2), 145–152. https://doi.org/10.21512/humaniora.v13i2.7718

Nurasiah, N., Zulfan, Z., Sakdiyah, S., Azis, A., & Iswanto, S. (2022). Perspective on Transmigration of Javanese Population in Aceh: Reviewed from Conflicts Between Communities. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 9(5), 412–422. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v9i5.3806

Nurita Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat 3 (1), 171.

Nurlailah, N., & Ardiansyah, H. (2022). The Influence of the School Environment on Character Form Students in PKN Lessons. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 281–289. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27347

Nurlela, N. (2023). Assitulungeng: Studi Tentang Nilai Solidaritas Masyarakat Nelayan Danau Tempe. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 792–798. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24844

Octaviani Shilpy A., M.Pd, (2020). Model-model pembelajaran. CV Budi Utama: Yogyakarta.

Pattiasina, J., & Sopacua, J. (2022). The Effectiveness Of Problem Based Learning Model In Increasing Historical Learning Outcomes. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 374–380. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.28808

Perdana, Y., Sumargono, S., Pratama, R. A., & Lestari, N. I. (2022). The Gait of Islamic Unions in the Political Stage of the National Movement. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 269–275.

Putra, A. J. K., & Nursikin, M. (2023). Implementasi Pendidikan Nilai di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 613–619. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24747

Putri, I. R. S. (2023). Analisis Pelanggaran Hukum Lingkungan yang Mengakibatkan Banjir Kalimantan Selatan Januari 2021. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 353–368. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24652

Rahmawati, Nila. (2014). Pengaruh Media Pop Up Book terhadap Penguasaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun di TK Putera Harapan Surabaya. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya. 4

Rumawatine, Z. (2023). The Effect Of Personal Learning Models On Self-Confidence And Learning Outcomes To Play Soccer In Extracurricular Men’s Soccer. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 864–873.

Simanjuntak, H., Pasaribu, K. M. D., & Sitanggang, N. C. (2023). Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasilbelajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Swasta Karya Bhakti Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 628–633. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24752

Sudjana. (2015). Metoda Statistika. Bandung: PT Taristo

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. CV Alfabeta: Bandung.

Sulthani, D. A., & Thoifah, I. (2022). Urgency of Stakeholders in Improving the Quality of Education. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 443–451. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27600

Yestiani Dea Kiki, Nabila Zahwa. (2020). Peran guru dalam pembelajaran pada siswa sekolah dasar. Jurnal pendidikan dasar 4 (01).

Yunan, M., Ependi, R., & Amin, N. (2023). Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 560–569. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24720

Zuryati, Z. (2023). Pengaruh Penerapan Model Probing-Prompting Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mempelajari Evolusi Pada Kelas XII-MIPA. 1 SMAN 1 Peukan Baro Tahun Pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 18–32. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24744




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0