Lembaga Pendidikan Pesantren

Anis Dian Mutiara*, Alimni Alimni

Abstract


Pesantren adalah lembaga pendidikan yang menitikberatkan pada pendidikan agama dengan membekali santrinya dengan ilmu agama yang cukup melalui pengajian kitab kuning sebagai sumbernya. Pendidikan yang dilaksanakan di dalamnya efektif dalam kaitannya dengan tujuan mendirikan pesantren dan lulusannya yang memiliki kedalaman spiritual sehingga dapat memberikan arah yang benar bagi masyarakat di masa depan. Oleh karena itu pendidikan yang efektif telah dilaksanakan dengan baik oleh lembaga tersebut.


Full Text:

PDF

References


Admodiwirio, S. (2000). Manajemen Pendidikan Indonesia. Ardadizyajaya.

Arcora, J. S. (2007). Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-Prinsip Perumusan Dan Tata Langkah Penerapannya. Pustaka Pelajar.

Arif, M. (2007). Pendidikan Islam Transformatif. Lkis.

Arifin, M. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Baharuddin, & Umiarso. (2016). Kepemimpinan Pendidikan Islam: Antara Teori Dan Praktek. Ar-Ruzz Media.

Chirzin, M. H. (1974). Pesantren Dan Pembaharuan (Agama Dan Ilmu Dalam Pesantren),. Lp3es.

Departemen Agama Ri Majelis Pertimbangan Dan Pemberdayaan Pendidikan Agama Danikeagamaan Mp3a. (N.D.). Profil Madrasah Masa Depan.

Efendi, N. (2014). Manajemen Perubahan Di Pondok Pesantren. Teras.

Hidayah, N. (2016). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Ar-Ruzz Media.

Hidayatulloh. (2022). Implementasi Peraturan Menteri Sosial No. 25 Tahun 2019 Pasal 6 Tentang Tugas Karang Taruna Perspektif Fiqh Siyasah Dusturiyah (Studi Pada Karang Taruna Pekon Pardasuka Timur Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu). 25.

Kayo, K. P. (2007). Manajemen Dakwah. Sinar Grafika.

M. Shodiq. (2011). Pesantren Dan Perubahan Sosial. Jurnal Falasifa, 2(2), 107–118.

Munir, M., & Ilahi, W. (2009). Manajemen Dakwah. Kencana.

Musbikhin. (2015). Membangun Tradisi Mutu Di Ponpes Sunan Drajat (Merajut Benang Kusut Pendidikan Pesantren Sunan Drajat Lamongan). Jurnal Ummul Qura, 5(1).

Nafi, M. D. (2007). Praksis Pembelajaran Pesantren. Lkis Pelangi Aksara.

Nasir, M. R. (2005). Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren Di Tengah Arus Perubahan. Pustaka Pelajar.

Qomar, M. (2003). Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Erlangga.

Qomar, M. (2009). Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Erlangga.

Saleh, A. (1982). Pedoman Pembinaan Pondok Pesantren. Departemen Agama Ri.

Steenbrink, K. A. (1994). Pesantren Madrasah Aekolah Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern. Pt. Pustaka Lp3es.

Widdah, M. El, & Dkk. (2012). Kepemimpinan Berbasis Nilai Dan Pengembangan Mutu Madrasah. Alfabeta.

Yasmadi. (2005). Modernisasi Pesantren: Kritik Nurcholis Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Ciputat Press.

Ziemek, M. (N.D.). Pesantren Dalam Perubahan Sosial. Perhimpunan Pengembangan Pesantren Dan Masyarakat (P3m).




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.23921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0