Strategi Pembelajaran Tahfizh dalam Meningkatan Kemampuan Membaca, Menghafal dan Menulis Al-Qur’an dengan Menggunakan Media Buku Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) siswa kelas VIII Di MTsN 1 Kota Bengkulu.
Abstract
Penelitian ini bertujuan agar proses pembelajaran tahfizh dalam meningatan hafalan, menulis dan membaca al-qur’an dengan menggunakan media buku baa tulis al-qur’an dapat memberian hasil yang baik bagi generasi selanjutnya. Maka dalam proses pembelajaran harus disertai dengan strategi belajar. Stategi pembelajaran menulis, strategi menghafal dan strategi menulis. Dengan adanya strategi pembelajaran yang bai dapat menghasilkan dan meningkatkan hafalan siswa Mts N 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penekanan terhadap komponen program pengajaran antara lain berpusat pada pengajar (guru), peserta didik (siswa), teknik yang digunakan ceramah diskusi, dan teknik team teaching. Dan diperoleh hasil bahwa guru memberi contoh bagaimana cara dalam menghafal dan pengucapan ayat-ayat yang akan dihafal seara berulang-ulang dengan cara ini akan memudahkan siswa dalam menghafal serta dalam menulis al-quran siswa dengan menggunakan buku btq siswa menggunakan metode follow the line yaitu menggikuti garis atau huruf yang sudah ada kemudia ditebalkan kembali. Dan untuk membaca siswa akan dipanggil satu persatu dan membacakan ayat al-qur’an.
Full Text:
PDFReferences
Arruum Arinda. (2016). Implementasi Bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Pembangunan Uin Jakarta. Skripsi, 16–17.
Baihati, L., & Diah Pramesti, S. L. (2020). Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur�An Mahasiswa Pai Melalui Program Matrikulasi Btq. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 29. Https://Doi.Org/10.30659/Jpai.3.1.29-38
Fathah, M. U. A. (2021). Metode Tahsin Dan Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Smp Mbs Bumiayu. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 20(2), 188. Https://Doi.Org/10.18592/Jiiu.V20i2.4750
Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi, 1(2), 108. Https://Doi.Org/10.24853/Pl.1.2.108-113
Fauziah, K. (2019). Implementasi Program Tuntas Baca Al-Qur’an. Carbohydrate Polymers, 6(1), 5–10.
Kusuma, Y. (2018). Model-Model Perkembangan Pembelajaran Btq Di Tpq/Tpa Di Indonesia. J-Pai: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 46–58. Https://Doi.Org/10.18860/Jpai.V5i1.6520
Sholihah, B. (2018). Evaluasi Dan Supervisi Program Pembelajaran Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Islam Bilingual An-Nissa Semarang. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 15(1). Https://Doi.Org/10.34001/Tarbawi.V15i1.718
Sodikin, A. (2021). Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Metode Yanbu’a Pada Santri Pondok Pesantren Darussalamah Di Desa Marga Sakti Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musirawas.
Srinita, N. W. (2017). Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Di Sdit Al-Azkar Pamulang. Institut Ilmu Al Quran (Iiq) Jakarta, 60.
Sukatin, S., Nuri, L., Naddir, M. Y., Sari, S. N. I., & Y, W. I. (2022). Teori Belajar Dan Strategi Pembelajaran. Journal Of Social Research, 1(8), 916–921. Https://Doi.Org/10.55324/Josr.V1i8.187
Zainuddin, A. (2021). Tekstualitas Dan Kontekstualitas Metodologi Baca Tulis Al-Qur’ān (Btq): Studi Teks, Bahasa Dan Sejarah. Atthulab: Islamic Religion Teaching And Learning Journal, 6(1), 61–72. Https://Doi.Org/10.15575/Ath.V6i1.10809
Zulfa, A. N. (2020). Program Baa Tulis Al-Qur’an. In Kaos Gl Dergisi (Vol. 8, Issue 75). Https://Doi.Org/10.1016/J.Jnc.2020.125798%0ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Smr.2020.02.002%0ahttp://Www.Ncbi.Nlm.Nih.Gov/Pubmed/810049%0ahttp://Doi.Wiley.Com/10.1002/Anie.197505391%0ahttp://Www.Sciencedirect.Com/Science/Article/Pii/B9780857090409500205%0ahttp
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.23917
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0