Filsafat sebagai Landasan Berpikir untuk Pengimplikasian Unsur Linguistik dalam Tatabahasa Pedagogis sebagai Kebutuhan Pengajaran EFL

Vonny Ardiel*, Muhammad Zaim, Harris Effendi Thaha, Ratih Septiana Arpen, dewi asmawati

Abstract


Berpikir atau berfilsafat merupakan landasan awal manusia meraih pengetahuan dan membentuknya menjadi ilmu. Untuk melaksanakan proses pembelajaran bahasa asing dibutuhkan proses berfikir atau berfilsafah agar bisa memahami pengetahuan linguitik dan implikasinya dalam pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi para pengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing adalah kurangnya pemahaman dan pemikian secara mendalam terhadap dasar ilmu linguistik  dari bahasa asing tersebut. Oleh karena itu akan berdampak kepada sulitnya pencapaian pemerolehan bahasa asing tersebut oleh peserta didik. Penelusuran pustaka dan referensi dilakukan untuk memecahkan permasalahan ini. Penulis menelusuri artikel yang mengkaji dan membahas temuan secara konseptual implikasi linguistik dalam tatabahasa pedagogis. Hasil penelusuran yang ditemukan bahwa perlu pemahaman mendalam tentang linguistik oleh pengajar dan pelajar bahasa. Implikasi linguistik tersebut dituangkan dalam tatabahasa pedagogis.  Inovasi dan pembaharuan juga menjadi kebutuhan pembelajar terhadap tatabahasa pedagogis bahasa ibu, bahasa kedua dan bahasa asing. Pembelajaran virtual hadir dengan beragam media onffline maupun online yang dimanfaatkan pengajar. Dengan aneka ragam media yang hadir sistem pembelajaran ini menantang guru untuk menyusun materi ajar dalam konsep tatabahasa pedagogis  untuk pembelajaran bahasa Inggris Perlu diperluas setiap kajian, harus kontemporer mengkaji secara itensif topik masa kini, Tema memerlukan perihal objek dari setiap masalah, Judul perlu disesuaikan dengan tema yang di teliti, Judul Sudah menarik tercermin pembahasan, Perlunya kesesuaian dengan tujuan dan metodelogi, Perlunya membandingkan judul dengan beberapa yang pernah dituliskan

 


Full Text:

PDF

References


Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961

Anzaikhan, M. (2020). Urgensi Filsafat dalam Ilmu Falak dan Relevansinya bagi Kehidupan Beragama Masyarakat. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 22(2). https://doi.org/10.22373/substantia.v22i2.7664

Dewi, R. P., Margunayasa, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Belajar Bahasa Indonesia Dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40090

Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Mobile Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Haryadi, R., Nuraini, H., & Kansaa, A. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. AtTàlim : Jurnal Pendidikan, 7(1).

Makbul, M. (2019). Filsafat Ilmu: (Filsafat Ilmu, Kasifikasi Ilmu, Ciri- Ciri Ilmu, Dan Sistem Kerja Keilmuan). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Marzuki, *Marzuki, Sulhan, A., & Muchammadun, M. (2022). Patterns of Supervision and Management of School Principles for Increasing Teacher Performance SDIT Fauziah Yarsi Mataram. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 332–340. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27567

Meruntu, O. S. (2020). Hubungan Motivasi Belajar, Bimbingan Akademik dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado. Jurnal Bahtra, 1(1). https://doi.org/10.36412/jb.v1i1.2184

Mubarok, A. A., Aminah, S., Sukamto, S., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1). https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.324.

Nasa, *Rikardus, Leo, A., & Ekhsan, N. S. (2022). The Use of Animal Lexeme in Sikka-Krowe Proverb (Ethnolinguistic Study). Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 298–305. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27397.

Nurhayati, N. H. (2021). Filsafat Ilmu Peranan Filsafat Ilmu Untuk Kemajuan Perkembangan Ilmu Pengetahuan. TASAMUH: Jurnal Studi Islam, 13(2). https://doi.org/10.47945/tasamuh.v13i2.409.

Nurlaili, *Lili, Utami, I. S., & Hendri, H. (2022). International Webinar Cultural Diversity Indonesian and Philippine. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 394–398. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27403

Ola, S. S. (2021). Keanekabahasaan Dan Pengembangan Karakter Dari Perspektif Pendidikan Multikultural. Jurnal Lazuardi, 4(1). https://doi.org/10.53441/jl.vol4.iss1.51

Rofiq, M. N. (2018). Peranan Filsafat Ilmu Bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 9(1). https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i1.112

Roinah, R. (2019). Problematika Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di STAIN bengkalis. Quality, 7(1). https://doi.org/10.21043/quality.v7i1.4966

Sholihatin, E., Sukarno, G., Pratama, A., Yuhertiana, I., Sukirmiyadi, S., & Haryono, N. (2021). Penguatan Kompetensi Mengajar Guru Dalam Membuat Inovasi Pembelajaran Blanded Learning Di SMP Muhammadiyah 14 Lamongan. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 5(2). https://doi.org/10.20473/jlm.v5i2.2021.316-324

Suhairi, S., & Santi, J. (2021). Model Manajemen Pembelajaran Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(4). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i4.2472

Sulaiman, B., & Muktiana, N. (2012). Landasan dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sundayana, W. (2011). Landasan Pengembangan Kurikulum Bahasa. In … Kurikulum Berdasarkan Pendekatan Audiolingual ….

Sundayana, W. (2017). Landasan Pengembangan Kurikulum Bahasa; Kajian Perbandingan Kurikulum Berdasarkan Pendekatan Audiolingual dengan Pendekatan Komunikatif Oleh. Lietuvos Respublikos Bankų Įstatymas, Ix.

Umiyati, M. (2017). Prioritas Aspek-Aspek Tipologi Linguistik Pada Pemetaan Masalah-Masalah Kebahasaan. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 1(2). https://doi.org/10.22225/jr.1.2.34.279-297

Wedasuwari, I. A. M. (2020). Kajian Literatur : Bahasa, Budaya, Dan Pikiran Dalam Linguistik Antropologi. Wacana Saraswati Majalah Ilmiah Tentang Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 20(1). https://doi.org/10.46444/wacanasaraswati.v20i1.186

Werner, Patricia K. (1985). Mosaic I: A Content-Based Grammar. New York: Random House, Inc.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.23490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0