Media Kancing Gemerincing Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mempelajari Hidup Rukun Saling Berbagi pada Siswa Kelas II SD Negeri 7 Teupah Selatan

Ratnah Ratnah

Abstract


. Penggunaan media kancing gemerincing dapat mempengaruhi dan    motivasi siswa mempelajari materi hidup rukun saling berbagai dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan teori-teori baru tentang penerapan media kancing gemerincing  dalam mempelajari hidup  rukun saling berbagi dan   untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas  II SD Negeri 7 Teupah  Selatan  Kebupaten  Simeulue.  Tahun   Subjek penelitian adalah Siswa  kelas  II SD Negeri 7 Teupah  Selatan  Kebupaten  Simeulue    berjumlah 28 orang siswa, 13 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Prosedur penelitian di mulai dari plan, action, observation, refleksi. Hasil penelitian ini melalui media kancing gemerincing mampu mempengaruhi siswa dalam  meningkatkan nilai belajar siswa. Pelaksanaan penelitian  tindakan kelas   menjadikan suatu perbaikan dan perubahan dalam proses pembelajaran.   Menggunakan media kancing gemerincing mampu meningkatkan minat belajar siswa  proses pembelajaran menjadi lebih baik dan siswa menjadi lebih aktif   meningkatkan kemampuan siswa dalam menerima materi yang disajikan oleh guru di kelas. Siklus I rata-rata nilai afektif C, kognitif 6,7 psikomotor 6,8 dan persen ketuntasan belajar 31,57% dan pertemuan ke 2  hasil  rata-rata nilai afektif C, nilai kognatif 6,9, nilai psikomotor 7,1 dan nilai ketuntasan belajar mencapai 47,36%.Siklus II  nilai rata pada aspek afektif B, aspek kognitif 7,2, aspek psikomotor 7,3 dan nilai ketuntasan belajar mencapai 63,15% dan nilai rata-rata aspek afektif B, aspek kognitif 7,5 aspek psikomotor 7,7 dan nilai ketuntasan belajar secara klasikal mencapai  84, 21.


Full Text:

PDF

References


Kustiani (2006) Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Utan Kayu.

Mulyasa, E. (2005). Implementasi Kurikulum 2004 panduan pembelajaran KBK. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Morgan (2007 ) Panduan Lengkap Home Schooling, Bandung: Proggressio.

Sudjana,Nana. (2000). Standar Mutu Pengawas. Jakarta: Dirjen PMTK Depdiknas.

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Sudjiono, A. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v7i4.22802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0