Pelaksanaan Supervisi Klinis Mempengaruhi Sikap dan Prilaku Mengajar Guru SMA Negeri 1 Indrajaya

Azhari Azhari

Abstract


Sikap dan prilaku mengajar merupakan faktor utama memperbaiki proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan teori-teori baru tentang pelaksanaan supervisi klinis untuk mempengaruhi sikap dan prilaku dalam perbaikan proses belajar mengajar guru SMA Negeri 1 Indrajaya. Subjek penelitian ini adalah Guru-guru SMA Negeri 1 Indrajaya, berjumlah 24 orang guru terdiri dari 6 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Prosedur penelitian melaksanakan perencanaan, melakukan tindakan, melaksanakan pengamatan dan melaksanakan renungan. Hasil penelitian  siklus I Pertemuan ke 1 menyusun silabus untuk 2 x tatap muka mencapai 33,3%, kemampuan membuat   RPP  2 x tatap muka 37,5%, menyusun instrumen 33,3% merancang media pembelajaran 37,5%  Menyiapkan lembar observasi 37,5% dan mendesain  langka-langka pembelajaran 37,5%. Proses belajar mengajar kegiatan pendahuluan 41,6%, kegiatan inti 41,6%, Kegiatan penutup 41,6% penggunaan waktu 41,6% da antusias siswa dalam pembelajaran 41,6 %.. pertemuan ke 2 menyusun silabus untuk 1 x tatap muka mencapai 58,3% kemampuan membuat   RPP  1 x 58,3% menyiapkan lembar observasi 58,3% dan mendesain  langka-langka pembelajaran 58,3%. Proses belajar mengajar dengan nilai hasil kegiatan pendahuluan mencapai 66,6% kegiatan inti mencapai 70,8% kegiatan penutup 66,6% penggunaan waktu mencapai 66,6% dan nilai antusias belajar siswa dalam pembelajaran 66,6%. Hasil tindakan siklus II pertemuan ke 1 menyusun silabus untuk 1 x tatap muka mencapai 66,6% kemampuan membuat   RPP 1 x tatap muka  70,8%% menyiapkan lembar observasi 66,6% dan mendesain  langka-langka pembelajaran 70,8%. Proses pembelajaran pendahuluan mencapai 75% kegiatan inti mencapai 75%, kegiatan penutup mencapai 75%,  penggunaan waktu  mencapai  75% dan antusias siswa dalam pembelajaran 75%. Pertemuan ke 2 menyusun silabus untuk 1 x tatap muka mencapai 75 % kemampuan membuat   RPP 1 x tatap muka  75 % menyiapkan lembar observasi 75 %dan mendesain  langka-langka pembelajaran 75 %. Proses pembelajaran Berdasarkan hasil pengamatan pada tabel 4.9 di atas maka hasil pengamatan terhadap kegiatan pendahuluan 83,3% kegiatan inti 83,3% Kegiatan 83,3% penggunaan waktu 83,3% dan antusias siswa dalam pembelajaran 83,3%. Nilai persentase ini telah mencapai ketuntasan 85,3%.


Full Text:

PDF

References


Dharma (2004: Manajemen kinerja Sektor Publik,Yogyakarta:UPP STIM YKPN.

Hamalik (2006) Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara. Jakarta.

Purwanto (2008) Administrasi dan Supervisi Pendidikan: Bandung: PT Remaja Rosdakarya.University Press

Made Pidarta (2008). Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Majid (2005) Perencanaan Pembelajaran. Bandung PT. Remaja Rosdakarya

Mulianto, Sindu. DKK (2006). Panduan Lengkap Supervisi Diperkaya Perspektif Syariah

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun. (2005). tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun (2010),

Sudjana (1989). Standar Mutu Pengawas. Jakarta: Dirjen PMTK Depdiknas

Made Pidarta, Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 1992),




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v7i4.22801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0