Peningkatan Nilai Belajar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Melalui Penerapan Model Discovery Learning di SMP Negeri 1 Mesjid Raya

Afifah Afifah

Abstract


Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan nilai belajar siswa dalam mempelajari IPA materi klasifikasi mahluk hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan teori-teori tentang penerapan Discovery Learning dalam mempelajari klasifikasi mahluk hidup dapat meningkatkan  nilai  belajar siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Mesjid Raya. Prosedur penelitian ini adalah membangun perencanaan pembelajaran, melakukan pembelajaran ,melakukan pengamatan dan melakukan refleksi. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Mesjid Raya tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 27 orang siswa yang di antaranya 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal, dan lembaran observasi. Analisis data dengan menggunakan statistik persentase. Hasil belajar siswa pada ulangan harian sebelum pelaksanaan tindakan menunjukkan siswa yang dapat mencapai nilai ≥ KKM 65secara klasikal hanya mencapai 55,56% dengan nilai rata-rata 63,33. Hasil penelitian siklus I ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 70,37% dengan nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 67,04. Pada siklus II tingkat ketuntasan secara klasikal meningkat menjadi 85,19% dengan nilai rata-rata kelas yang yang dicapai juga meningkat menjadi 70,03. Hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukan pada siklus I rata-rata siswa aktif yaiu 62,35% dengan kategori sedang, pada siklus II rata-rata persentase siswa meningkat menjadi 80,25% termasuk kategori tinggi aktif. Hasil observasi terhadap kemampuan guru dalam proses pembelajaran menunjukkan pada siklus I perolehan nilai skor sebesar 71% dengan kategori ‘Baik’, pada siklus II meningkat menjadi 85% dengan kategori ‘Amat Baik’ Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dengan metode observasidapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran IPA materi klasifikasi makhluk hidup di kelas VII-B SMP Negeri 1 Mesjid Raya. 

Full Text:

PDF

References


Agustiana, I Gusti Ayu Tri dan I Nyoman Tika. (2013). Konsep Dasar IPA Aspek Fisika dan Kimia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Aly, Abdullah. (2011). Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi. Aksara.

Aqib, Zainal, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Hamzah, B & Nurdin 2014. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Gulo. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Hanafiah, dan Cucu Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika aditama.

Hamalik, Oemar. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakrta; Bumi Aksara.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Karwono, Dan Heni Mularsih. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. (2013). Panduan Pembelajaran untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemendikbud. (2017). Buku Guru IPA Untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang.

Kemendikbud. (2017). Buku Siswa IPA Untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang.

Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Pembukuan.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik. Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kurniasih dan Sani. (2014). Strategi–Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Kurniawan, D. (2011). Pembelajaran Terpadu. Bandung: Pustaka Cendikia Utama.

Nara, Hartini, Eveline Siregar. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurhadi dan Suwardi, (2011). Evaluasi Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Multi Kreasi Satu delapan.

Purnomo, dkk. (2009). Biologi. Jakarta: Buana Pustaka.

Purwanto, Ngalim. (2012). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press

Roestiyah N.K. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sani R, Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sudijono, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Suprihatiningrum, Jamil.(2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ Media

Susanto. Ahmad. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v7i4.22800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0