Peningkatan Proses Mengajar Guru Melalui Supervisi Akademik pada SMK Negeri 4 Lhokseumawe

Husaini Is

Abstract


Pelaksanaan supervisi akademik di sekolah merupakan usaha untuk meningkatkan kompetensi akademi bagi guru . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan teori-teori baru tentang pelaksanaan supervisi akademik dalam peningkatan proses belajar mengajar guru di SMK Negeri 4 Lhokseumawe. Subjek penelitian adalah Guru-guru SMK Negeri 4 Lhokseumawe berjumlah  20 orang  Prosedur penelitian melalui siklus penelitian tindakan sekolah merancang perencanaan penelitian, melakukan tindakan, melakukan pengamatan dan melakukan renungan berupa refleksi hasil penelitian. Hasil penelitian ini  siklus I pertemuan ke 1 perubahan dari 5 komponen  yang di amati nilai pada aspek silabus 35%, RPP 30%, PROTA 25%, PROSEM 35% dan KKM 35%. Siklus  I pertemuan ke 2 hasil  observasi terhadap proses pembelajaran  guru terlihat ada guru yang belum memahami proses  sehingga nilai ketuntasan pada komponen pemilihan model pembelajaran 45%, memilih metode pembelajaran 45%, pemilihan pendekatan pembelajaran mencapai 45%, motivasi 45% dan waktu pembelajaran 45%.   Siklus II pertemuan 1 perubahan dari 5 komponen  yang di amati nilai pada aspek silabus 85 %, RPP 80%, PROTA 80%, PROSEM 85% dan KKM 80 %. Siklus II pertemuan ke 2  terlihat bervariasi   hampir   semua guru memahami proses pembelajaran sehingga nilai ketuntasan pada komponen pemilihan model pembelajaran 85%, memilih metode pembelajaran 80%, pemilihan pendekatan pembelajaran mencapai 80%, motivasi 85% dan waktu pembelajaran 80 %.


Full Text:

PDF

References


Dharma. (2004). Manajemen kinerja Sektor Publik,Yogyakarta:UPP STIM YKPN.

Hamalik, Oemar. (2006). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara. Jakarta.

Majid Abdul. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.

Mulianto, Sindu. DKK. (2006). Panduan Lengkap Supervisi Diperkaya Perspektif Syariah. Jakarta: PT. Elek Media Komputindo.

Sudjana, N. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja.

Sudjana (2010). Standar Kompetensi Pengawas Dimensi dan Indikator.Jakarta: Binamitra Publishing.

Sudjana. (1989). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Permendikbud Nomor 16 Tahun .(2007). tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Jakarta: Depdiknas




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v7i4.22799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0