Kartini dan Pemikirannya: Menyelami Gagasan Kritis Sosok Perempuan Jawa di Akhir Abad XIX

Ananta Dharma Kusuma

Abstract


Pemikiran yang termuat dalam surat-surat kartini kepada sahabatnya merupakan bentuk refleksi cerdas sekaligus sikap kritis dari seorang wanita Jawa pada masa akhir abad XIX dalam memandang bangsanya. Pemikiran Kartini yang ditunjukan dalam surat-suratnya sebagai respon dalam memandang kondisi pendidikan, ekonomi, sosio-budaya, religi mampu membuat hati para pembaca bergejolak. Tulisan ini mengambil fokus permasalahan yang pertama mengenai Kritik yang dilontarkan R.A. Kartini terhadap kondisi masyarakat Jawa pada abad ke-19, permasalahan kedua mengenai respon dan dampak dari pemikiran R.A. Kartini bagi masyarakat, permasalahan terakhir mengenai relevansi pemikiran R.A. Kartini di masa sekarang.  Tulisan ini dibuat dengan menggunakan metode sejarah yang terdiri dari pemilihan topik, heuristik, interpretasi dan yang terakhir historiografi. Tujuan dari dibuatnya tulisan ini untuk memberi informasi kepada pembaca mengenai sumbangsih pemikiran Kartini terhadap kemajuan bangsa.

 

 


Full Text:

PDF

References


Amar, S. (2017). Perjuangan Gender Dalam Kajian Sejarah Wanita Indonesia Pada Abad XIX. Jurnal Fajar Historia,1(2),105-119. https://doi.org/10.29408/fhs.v1i2.587

Amini, M. (2016). Perkawinan Dalam Sejarah Kehidupan Keluarga Jawa 1920an 1970an. Jurnal Sejarah dan Budaya, 10(1), 54-62.

http://dx.doi.org/10.17977/um020v10i12016p054

Bijl, Paul & Chin, Grace, V.S. (2020). Appropriating Kartini: Colonial, National and ransnational Memories of an Indonesian Icon. ISEAS.

Chudori, L. S. (2011). Gelap Terang Hidup Kartini. KPG.

Djoeffan, S. H. (2001). Gerakan Feminisme di Indonesia: Tantangan dan Strategi Mendatang. Jurnal Mimbar, 17(3), 284-300. https://doi.org/10.29313/mimbar.v17 i3.49

Effendi. 2012. Politik Kolonial Belanda Terhadap Islam di Indonesia Dalam Perspektif Sejarah (Studi Pemikiran Snouck Hurgronye). Jurnal Tapis, 8(1), 91-112. https://doi.org/10.24042/tps.v8i1.154 6

Hapsari, R. D. (2017). Sekolah Kartini dan Van Deventer: Pelopor Sekolah Perempuan di Semarang Pada Masa Kolonial. Jurnal Lingua, 7(1), 73-89. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jli/a rticle/view/335

Irawan, N., Johardi, A., Antoro, B., Oktoris. Y. F., Anggraini, D., Anggraeni, D., … Ayudiakusuma, L. (2018). Awas Narkoba Masuk Desa. Deputi Bidang Pencegahan BNN RI, Direktorat Advokasi.

Kartini, (2018). Door Duiternis Tot Licht (Habis Gelap Terbitlah Terang) (2 ed.). Narasi.

Karmadi, A. D., Kartadarmadja, M. S. (1985). Sejarah Perkembangan Seni Ukir di Jepara. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kuntowijoyo, (2018). Pengantar Ilmu Sejarah. Tiara Wacana.

Marihandono, D., Khozin, N., Arbaningsih, D., Tangkilisan, Y. B. (2017). Sisi Lain Kartini. Museum Kebangkitan Nasional.

Maulana, M. F. (2020). Modernisasi Tradisi Konco Wingking: Upaya Melepaskan Dilema. Jurnal Harkat, 16(1),11-26. https://doi.org/10.15408/harkat.v16i115609

Muthofin., Ali. M., Wachidah, N. (2017). Pemikiran Raden Ajeng Kartini Tentang Pendidikan Perempuan dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Profetika,18(1), 36-47. https://doi.org/10.23917/profetika.v1 8i1.7690

Muntamah, A. L., Latifiani, D., Arifin. R. (2019). Pernikahan Dini di Indonesia: Faktor dan Peran Pemerintah (Perspektif Penegakan dan Perlindungan Hukum Bagi Anak). Jurnal Widya Yuridika, 2(1),1-11. https://doi.org/10.31328/wy.v2i1.823

Nangoy, O. M., Sofiana, Y. (2013). Sejarah Mebel Ukir Jepara. Jurnal Humaniora, 4(1), 257-164. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3436

Pane, Armijn. (2011). Habis Gelap Terbitlah Terang (29 ed.). Balai Pustaka.

Putri, A., Zahra. P., Hudadiah. (2021). Implementasi Pemikiran RA. Kartini dalam Pendidikan Perempuan Pada Era Globalisasi. Jurnal Humanitas, 7(2), 69-80. https://doi.org/10.29408/jhm.v7i2.3342

Rush. J. R. (2012). Candu Tempo Doeloe Pemerintah Pengedar dan Pecandu 1860-1910. Komunitas Bambu.

Said, N. (2014). Politik Etis Kepahlawanan RA Kartini: Menguak Spiritualisme Kartini yang Digelapkan. Jurnal Palastren, 7(2), 345-364. https://doi.org/10.21043/palastren.v7i2.1022

Tim Kebijakan Peningkatan Kapasitas Ekonomi Sekretariat TNP2K & Lembaga Demografi Fakuktas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. (2021). Pemetaan Program Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Wahy, H. (2012). Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama. Jurnal Didaktika, 12(2), 245-258. http://dx.doi.org/10.22373/jid.v12i2.451




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v7i4.22676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0