Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) dengan Berbantuan Media Wall Chart terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IIS MAN Aceh Barat Daya

Fhani Aprilia Novita

Abstract


Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah  kurangnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) dengan berbantuan media Wall Chart dan mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) dengan berbantuan media Wall Chart berpengaruh terhadap keaktifan belajar sejarah siswa kelas X IIS MAN Aceh Barat daya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian One Shoot Case Study. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS MAN Aceh Barat Daya yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi/pengamatan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari penelitian ini, penggunaan model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) dengan berbantuan media wall chart tepat dan berpengaruh guna meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari setiap indikator dalam lembar observasi memperoleh hasil yang sangat baik, tingkat keaktifan siswa pada proses pembelajaran sejarah secara keseluruhan mendapat nilai sebanyak 82% dari presentasi tertinggi yaitu sebesar 100% dengan kecenderungan 82 ≥ 60 + 1. 13,3 = 82 ≥ 73,3 yang mana nilai ini termasuk kedalam kategori sangat tinggi.


Full Text:

PDF

References


Agustina dkk. 2019. Penerapan Model Diskursus Multi Representasi (DMR) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Materi Bangun Datar di Kelas IV SD. Jurnal EDUCARE. 17, 124

Baan, Anastasia.2016. Pengaruh Penggunaan Wall Chart dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Sesean. Jurnal Perspektif. 01, 01

Jalinus N & Ambiyar. 2016. Media& Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

P. A. Duminy, A. H MacLarty,& N. Maasdorp. 1992. Teaching Practice. Johannesburg: CTP Book Printers.

Prayitno, 2009. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta : Grasindo

Rostika, D. & Junita, H. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Diskursus Multy Reprecentacy (DMR). Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 9 (1), 35-46

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovasi. Masmedia Buana Pustaka: Sidoarjo.

Tamim, Muhammad Faisal. 2015. Penerapan model pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) dengan Puzzle Kubus dan Balok untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Pokok Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII D SMP Muhammadiyah 8 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Skripsi. UIN Walisongo.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v7i4.22543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0