Penerapan Model Student Teams Achivement Division dengan Berbantuan Media Spinning Question untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XI IPS SMA

Fachrurrazi Siregar

Abstract


Penelitian yang berjudul Penerapan Model Student Teams-Achivement Division dengan berbantuan media Spinning Question Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Banda Aceh ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model Student Teams-Achivement Divison dengan berbantuan media Spining Question terhadap keaktifan siswa di kelas XI IPS SMAN 8 Banda Aceh dan juga untuk mengetahui respon siswa kelas XI IPS SMAN 8 Banda Aceh terhadap penerapan model Student Teams-Achivement Divison dengan berbantuan media Spining Question. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian ini  Deskriptif ,adapun populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 7 kelas, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 SMAN 8 Banda Aceh dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian penerapan Model Student Teams-Achivement Division dengan berbantuan media Spinning Question memperoleh hasil yang sangat baik dengan hasil persentase observasi yaitu 90 hasil ini juga berhasil melampaui batas persentase batas minimal keaktifan siswa sebesar 75 . Respon siswa terhadap penerapan model Student Teams-Achivement Division dengan berbantuan media Spinning Question termasuk didalam dikatagori baik, siswa antusias belajar dan mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang berlangsung.


Full Text:

PDF

References


Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Mulyasa. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Pribadi, A, B. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Sardiman .(2018). Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualititatif dan R& D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konsekstual. Jakarta: Pranada Media.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v7i3.22542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0