Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Spontaneous Group Discussion (SGD) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Sejarah Siswa

*Shoviana Shoviana, Muhammad Haikal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe SGD dalam meningkatkan keaktifan belajar sejarah siswa kelas XI SMA Babul Maghfirah Aceh Besar, dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran SGD. Penelitian ini  menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre experimental dengan desain One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI putra SMA Babul Maghfirah  Aceh Besar yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI D dengan jumlah siswa 19 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe SGD dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal  ini dibuktikan dengan perolehan dari data observasi yang berada pada kecenderungan 76  50 + 1. 10 = 76  60 yang termasuk ke dalam kategori sangat tinggi. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan SGD menunjukkan respon positif. Hal ini berdasarkan perolehan persentase respon siswa dengan rata-rata 88,3% yang termasuk ke dalam kriteria sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Huda, M. (2016). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan (S. Z. Qudsy & A. Farwaid (eds.)). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyono, & Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar (A. S. Wardan (ed.)). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyowati, R., Kurniawan, E. S., & Ngazizah, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Spontaneous Group Discussion (SGD) Terhadap Keterampilan Berkomunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Radiasi, 7(2), 25–29.

Rahayu, P., & Widayati, A. (2019). Effectiveness of Think Pair Share and Spontaneous Group Discussion Towards Problem Solving Skill Student of X Accounting Graders Smk Negeri 1 Wonosari. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 117–130.

Asriani, Rohmah, M., & Priyono, S. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Spontaneous Group Discussion (SGD) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Pada Peserta Didik Kelas X Tingkat Smk Di Buay Pemuka Bangsa Raja. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(1), 44–55.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v7i4.22430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0