Penerapan Media Permainan Engklek untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS SMA Negeri 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar

*Amirullah Amirullah, Nurasiah Nurasiah, Sufandi Iswanto

Abstract


Permasalahan pada penelitian ini adalah terdapat kurangnya motivasi belajar sejarah siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan media permainan engklek di kelas X IPS dan untuk mengetahui motivasi belajar sejarah siswa kelas X IPS dengan penerapan media permainan engklek. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi dan angket. Hasil dari pengamatan kegiatan guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran sebesar 81% dengan kategori baik. Motivasi siswa pada penerapan media permainan engklek 42% menjawab sangat setuju, 35,9% yang menjawab setuju, 6,4 % menjawab netral, 8,1% yang menjawab tidak setuju dan 7,3% yang menjawab sangat tidak setuju dengan kategori Sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam proses penerapan media permainan engklek dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa.


Full Text:

PDF

References


Agung Ngurah. (2021). Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Indonesia Journal Of Education Development. 2(2). Hlm 357

Bahri, Jumriani, Jumadi. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA 2 Pinrang. Jurnal Pemikiran Kesejarahan dan Pendidikan Sejarah. 2(19). Hlm 69

Darmawan, Lusiana, Surya W, Tarunase M. (2018). Penerapan Media Film Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengolah Informasi Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah. 7(1). Hlm 124

Hidayat, Efendi. (2020). Teori Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung.

Hidayatullah. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Banten: LKP Setia Budhi.

Ismail, M. I. (2020). Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Makassar: Cendikia Publisher.

Pakpahan, dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jawa Timur: Yayasan Kita Menulis.

Pianda, Jon Darmawan. (2018). Best Praktice: Karya Guru Inovatif Yang Inspiratif(Menarik Perhatian Peserta Didik). Sukabumi: CV Jejak.

Rachman, M. Nur. (2018). Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Godean Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah. 5(2). Hlm 247

Ratu, Irwan. (2019). Direktori Permainan Tradisiona Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatanl. Sumatera Selatan: Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, Dan Pariwisata.

Rozana Salma, Ampun Bantali. (2020). Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Engklek. Jawa Barat: Edu Fubusher.

Siahaan, Wahyuni. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI). 6(1) hal 30

Suardi. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:CVBudiUtama.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sumarsono, P., Inganah, S., Iswatiningsih, D., & Husamah. (2020). Belajar Dan Pembelajaran Di Era Milenial. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang.

Sutiah. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Tresnawaty, D. (2021). ANTILIGO: Multiperspektif Keilmuan di Masa Pandemi COVID-19 (D. Tresnawaty (ed); 1st ed). Yogyakarta: Deepublisher.

Wibowo, Nugroho. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal ELINVO. Vol 1. No 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0