Pengaruh Media Lapbook terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTSS Darul Hikmah

*Tasya Aureliya, Zulfan Zulfan, T. Bahagia Kesuma

Abstract


Penelitian ini berjudul pengaruh media lapbook terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII MTsS Darul Hikmah Kabupaten Aceh Besar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat besarnya pengaruh media lapbook terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII MTsS Darul Hikmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-experimental design, berbentuk one group pretest-posttest design yang mana hanya terdapat satu kelompok. Adapun yang menjadi populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 3 kelas. Sampel pada penelitian ini ialah siswa kelas VII-2 yang berjumlah 21 siswa yang diberi perlakuan berupa penerapan media lapbook. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Pada teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test beda dua rata-rata. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung = 7.906 dan nilai ttabel pada taraf α = 0,05 dengan df = 19 adalah 2.093 berarti thitung > ttabel atau 7.906 > 2.093 pada taraf signifikansi (a) 5% maka Ho ditolak dan Ha di terima atau terdapat pengaruh yang nyata (signifikan) variabel media lapbook terhadap variabel hasil belajar pada kelas VII-2. Berdasarkan uraian tersebut membuktikan bahwa penggunaan media lapbook sangat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada kelas VII-2 MTsS Darul Hikmah Kabupaten Aceh Besar.


Full Text:

PDF

References


Amka (2018). Media Pembelajaran Inklusi. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Angkowo, dkk. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo

Antosa, dkk. (2019). Optimization of the Science Approach Initially Classed Trough Lapbook Media. In Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences (pp. 283-288).

Audie, N. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).

Dariyadi, M. W. (2018). Penggunaan Software Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis ICT. Jurnal Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Djamaluddin, dkk. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaffah Learning Center.

Erwee, S. (2015). Homeschooling the primary years. South Africa: Penguin Random House South Africa.

Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Fikri, dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru.

Garfias, A.L. 2016. Everything you kneed to know about homeschooling. USA: Kirkland Media Management, LCC.

Hakim, T. (2005). Belajar Secara Efektif Panduan Menemukan Teknik Belajar, Memilih Jurusan dan Menemukan Cita-Cita. Jakarta: Puspa Swara.

Hidayanto dkk. (2020). Pengantar Ilmu Pengetahuan (teoritis sistematis untuk guru dan calon guru). Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Khuluqo, I. E. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Magdalena, dkk. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi dan Sains. 2 (1): 133.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: GP Press Group.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur: UMSIDA Press.

Rahmawati, dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Lapbook pada Materi Gerak Benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326-332.

Rahmi. (2018), Pengembangan Media Lapbook Tematik Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Ricardo, dkk. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 2. No. 2.

Rohana, M. A. (2018). Pengembangan Historical Module and Lapbook (Himlap) perjuangan Karaeng Galesong di Jawa Timur untuk meningkatkan pemahaman Sejarah Lokal siswa kelas XI SMA Negeri 1

Seran, dkk. (2021). Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: CV Budi Utama

Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suparman, M. A. (2012). Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.

Sutarna, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectual) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar). JPPD. 5 (2): 119-120.

Suyati, dkk. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence Pada SMP Negeri 6 Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6 (1): 46.

Syahrina, S. N. (2021). Pengaruh Media Lapbook Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 101899 Lubuk Pakam. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 44-52.

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Wirda, dkk (2020). Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yuli R. (2016). Teaching Reading Comprehension By Using Lapbook To The Eighth Grade Students Of Smp Negeri 1 Nanga Pinoh In The Academic Year 2015/2016.

Yunita, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Media Lapbook Terhadap Hasil Belajar IPA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Treko 2 Dan SD Negeri Senden, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang) (Doctoral Dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Zainiyati, H.S (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v7i4.22172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0