Metode Demonstrasi dapat Meningkatkan Nilai Siswa Mempelajari Materi Makhluk Hidup Pada Kelas III SD Negeri 11 Simeulue Timur
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan teori-teori baru dalam penerapan metode demonstrasi yang dapat meningkatkan nilai belajar siswa dalam mempelajari materi mahluk hidup di kelas III SD Negeri 11 Simeulue Timur.. Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pengamatan observers tentang memperhatikan penjelasan guru 2 orang, kemampuan berdiskusi2 orang, keberanian bertanya 2 orang dan kemampuan menyelesaikan soal2 orang serta aktif dalam kegiatan pembelajaran 1 orang. Persentase aktivitas belajar siswa mencapai 50%. Pertemuan ke 2 nilai rata-rata kelas pada penilaian aspek kognitif 66,88 aspek psikomotor 67,11 dan aspek afektif 67,00 dengan kriteria C dengan ketuntasan belajar mencapai 66,77%. Aktivitas belajar memperhatikan penjelasan guru 3 orang, kemampuan berdiskusi 2 orang, keberanian bertanya 2 orang dan kemampuan menyelesaikan soal 2 orang serta aktif dalam kegiatan pembelajaran 2 orang. Hasil persentase aktivitas belajar siswa mencapai 60% tuntas Siklus II pertemuan ke 1 nilai rata-rata kelas terhadap aspek kognitif 70,22 aspek psikomotor 70,33 dan aspek afektif 70,55 nilai ini memiliki kriteria B. untuk ketuntasan belajar siswa mencapai 70,36%. hasil pengamatan aktivitas belajar dari 9 orang siswa, siswa memperhatikan penjelasan guru sebanyak 7 orang siswa dan yang tidak aktif adalah sebanyak 2 siswa. Siswa yang aktif dalam bekerjasama dalam diskusi kelompok adalah sebanyak 7 orang siswa dan yang tidak aktif adalah sebanyak 2 orang siswa. Berdasarkan hasil observasi, rata-rata keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pada siklus II pertemuan ke 1 adalah sebesar 80 %. Pertemuan ke 2 nilai rata-rata aspek kognitif mencapai 75,00, nilai aspek psikomotor 76,11 dan aspek afektif 76,22 dengan kriteria B. nilai persentase ketuntasan belajar mencapai 76,11%.
Full Text:
PDFReferences
Azis, A., Nurasiah, N., & Munira, W. (2018). Korelasi antara: Kesadaran Sejarah, Religious Values dan Pemahaman Multi-Etnis terhadap Sikap Toleransi siswa SMA N Banda Aceh. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(2). https://doi.org/10.30599/jti.v10i2.236
A. Azis, H. Joebagio, and Sudiyanto, Correlation between: Understanding of nationalism and historical consciousnesstoward students’ democratic attitude in Banda Aceh senior high school,’’ International Journal of Multicultural and Multireligious Understading, vol. 5, no. 3, pp. 60-71,2018
Azis, A., & Amalina, S. N. (2021). Islamic Historical Studies : The Beginning of the Emergence of Islam and the Development of Islamic culture in Southeast Asia. 4(2).
Azis, A., & Sakdiyah, S. (2021). Media Influence: Gallery of Learning to Enhance Students Creativity and Learning History Achievement of Universitas Syiah Kuala. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1). https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19664
Arisandi, W. F., Azis, A., & Sakdiyah. (2020). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya pembeda Soal Mata Pelajaran Sejarah Kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya. Riwayat:Educational Journal of History and Humanities, 3(1), 24–31. http://jurnal.unsyiah.ac.id/riwayat/article/view/20761
Anam, K. (2017). Pembelajaran Berbasis Inkuiee: Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Annas, M. (2018). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Gerbang Logika Berbasis IT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Elektronika Logika. JUPITER: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 29–38.
Apriani. (2007). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru, Jakarta Timur, Bestari Buana Murni.
Ardika, W. dkk. (2018) .Inovasi dalam Pembelajaran ‘Kumpulan Naskah Finalis Inobel dan Juara ONIP Matematika Guru Jembrana 2017’”. Bali: CV Grapena Karya.
Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Khuluqo, I., E. (2017). Belajar dan Pembelajaran ‘Konsep Dasar, Metode, danAplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran’”. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kamza, M., Haikal, M., Kusnafizal, T., Furqan, M. H., & Julia. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Gambar Diam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 5(3), 337–341.
Kamza, M., Haikal, M., Kusnafizal, T., Iswanto, S., Kesume, T. B., Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Sumber Arab melayu Berbasis Infografis Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Syiah Kuala. Jurnal Pendidikan Sejarah, 10 (2).
Lesi Ayu, G. F., Koryati, D., & Jaenudin, R. (2019). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Program Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 16 Palembang. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 69–79.
Majid, A. (2016). Model Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mirnawati. (2020). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat baca siswa. Jurnal Didaktika, 9(1), 98–112.
Mudlofir, A. dan Evi F., R. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif: dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Ngalimun. (2017). Strategi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.
Noviyanti, L., Santoso, K., & Habibah, N. A. (2013). Keefektifan Penggunaan Kartu Bergambar Berbentuk Pop Up Card pada Pembelajaran Siswa SMP. Lembaran Ilmu Kependidikan, 42(2), 76–83.
Nurasiah, N., Azis A., Munira W. (2018). The correlation between: awareness of history, religious values and multiethnic understanding with tolerance attitude. Paramita: Historical Studies Journal, 29(1), 10-17. https://doi.org/10.15294/paramita .v29i1.14861
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran ‘Mengembangkan Profesionalisme Guru’.Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikandan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N., S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Thobroni, M. (2016). Belajar & Pembelajaran, Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Uno, H., B. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Widarisma, F. C. (2010). Studi Deskriptif Penggunaan Media Pop Up Card Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 7(7), 1–10.
DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v7i2.21025
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0