Penerapan Media Pop Up Card untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa di SMAN 1 Meukek Kabupaten Aceh Selatan

*Muzal Wida, Sakdiyah Sakdiyah, Muhjam Kamza

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pop up card, motivasi belajar dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan desain one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS yang terdiri dari 56 siswa. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purpose sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sedehana, uji hipotesis dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, penerapan media pop up card pada mata pelajaran sejarah berhasil dilaksanakan dengan sangat baik dan lancar, ini ditunjukkan oleh lembar observasi kegiatan pembelajaran. Analisis regresi linear sederhana diperoleh motivasi belajar siswa meningkat dengan persentase hubungan kedua variabel sebesar 38% dan nilai korelasi sebesar 0,824 pada konstanta 5,696, selebihnya dipengaruhi oleh faktor luar seperti lingkungan dan lainnya. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai uji > atau 4,081>2,052, sesuai dengan kriteria pengujian maka Ha diterima. Persentase respon siswa memperoleh kategori “Sangat Baik”. Oleh sebab itu, penerapan media pop up card meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di SMAN 1 Meukek, Kabupaten Aceh Selatan

Full Text:

PDF

References


Anam, K. (2017). Pembelajaran Berbasis Inkuiee: Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Annas, M. (2018). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Gerbang Logika Berbasis IT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Elektronika Logika. JUPITER: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 29–38.

Ardika, W. dkk. (2018) .Inovasi dalam Pembelajaran ‘Kumpulan Naskah Finalis Inobel dan Juara ONIP Matematika Guru Jembrana 2017’”. Bali: CV Grapena Karya.

Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Khuluqo, I., E. (2017). Belajar dan Pembelajaran ‘Konsep Dasar, Metode, danAplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran’”. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kamza, M., Haikal, M., Kusnafizal, T., Furqan, M. H., & Julia. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Gambar Diam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 5(3), 337–341.

Kamza, M., Haikal, M., Kusnafizal, T., Iswanto, S., Kesume, T. B., Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Sumber Arab melayu Berbasis Infografis Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Syiah Kuala. Jurnal Pendidikan Sejarah, 10 (2).

Lesi Ayu, G. F., Koryati, D., & Jaenudin, R. (2019). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Program Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 16 Palembang. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 69–79.

Majid, A. (2016). Model Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mirnawati. (2020). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat baca siswa. Jurnal Didaktika, 9(1), 98–112.

Mudlofir, A. dan Evi F., R. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif: dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Ngalimun. (2017). Strategi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.

Noviyanti, L., Santoso, K., & Habibah, N. A. (2013). Keefektifan Penggunaan Kartu Bergambar Berbentuk Pop Up Card pada Pembelajaran Siswa SMP. Lembaran Ilmu Kependidikan, 42(2), 76–83.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran ‘Mengembangkan Profesionalisme Guru’.Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikandan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N., S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Thobroni, M. (2016). Belajar & Pembelajaran, Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Uno, H., B. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Widarisma, F. C. (2010). Studi Deskriptif Penggunaan Media Pop Up Card Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 7(7), 1–10.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v7i2.20983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0