Perbandingan Hasil Belajar Sejarah Siswa Antara Strategi Ideal Problem Solving dengan Konvensional di SMAN 1 Gandapura Kabupaten Bireuen

*Tajul Fazari, Husaini Ibrahim, Sakdiyah Sakdiyah

Abstract


Penelitian ini membahas perbandingan hasil belajar sejarah siswa antara strategi ideal problem solving dengan model konvensional di SMAN 1 Gandapura Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eskperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Gnadapura. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA.. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan menentukan kriteria-kriteria tertentu ataupun tujuan yang sama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) secara homogenitas kedua kelas yang dijadikan sampel bersifat homogen. Hasil ini diketahui dari hasil uji homogenitas dengan hasil perhitungan Fhitung Ftabel yakni 2,06 2,36. (2) untuk uji normalitas kelas eksperimen diperoleh X= 12,9 dan X2 = 14,067 dan uji normalitas kelas kontrol diperoleh X2= 11,5 dan X2 Tabel = 14,067, maka dapat dikatakan kelas eksperiemn dan kelas kontrol berdistribusi normal (3) hasil uji  hipotesis menggunakan uji-z dan diperoleh nilai Z = 5,73, sedangkan Z Tabel 1,66 pada taraf signifikan  dengan dk=  68 adalah 1,66 dengan kriteria Ha diterima.

Full Text:

PDF

References


Budiyono. (2013). Statistik Untuk penelitian. Surakarta: UNS Pers

Dahar, Ratna Wilis. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Djufri, dkk. (2016). Pedoman penulisan Skripsi. Banda Aceh. FKIP Unsyiah.

Fitriani. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di IMP Karya Indah Kecamatan Tapung, Jurnal peKA Vol 4 No 2 ISSN: 2337-652X

Nasution, (2016). Strategi Pembelajaarn. Medan: Perdana Publishing

Purwanto. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyak arta: Pustaka Belajars

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rambe Kholidah. (2018). Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tarbiyah Vol. 25, No. 1

Santosa, Puji, Dkk. (2008). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Setyosari, Punaji. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Simbolon dan Pindo Hutauruk. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Nomor 14 Simbolon Purba. Jurnal SEJ (School Education Journal), Vol. 8. No 2 (Juni 2018).

Sugiyono. (2013). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, Kresnadi Yahyo Kasyadi. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Tipe Jigsaw. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fkip UNTAN.

Sujana, Desy Widyantari dan Surya Manuaba. (2014). Pembelajaran Ideal Problem Solving dan Motivasi Berpretasi Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Minbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).

Sudjana. (2015). Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung

Sugiyono, Kresnadi Yahyo Kasyadi. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Tipe Jigsaw. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fkip UNTAN.

Sukardjo dan Ukim Komaruddin. (2015). Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Press.

Supridjono, Agus. (2012). Cooperative Learning. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Susanti Lilya. (2016). Modul Metode Penelitian. Departemen Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Universitas Brawijaya.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Uno dan Nurdin Muhamad. (2013). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelaaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wangid, Heronimus pelu pingge, (2016). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 2, No. 1

Wardani, Chamalah, Afandi Muhammad. (2013). Model dari Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press

Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandari, Yeti dkk. (2018). Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Purwakarta Vol 13 No 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0