PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DOMINO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016

Fahnita Mulia Pratiwi, Zulfan Zulfan, Arifin Arifin

Abstract


Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe domino terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Unggul Negeri 2 Boarding School Banda Aceh, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe domino pada pembelajaran sejarah dan seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe domino di SMA Unggul Negeri 2 Boarding School Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa prestasi siswa pada kelas eksperimen lebih meningkat dari pada kelas kontrol. Pada kelas XI Mipa 1 (kelas eksperimen) siswa yang mencapai ketuntuasan sebesar 90%, dan kelas XI Mipa 2 (kelas kontrol) siswa yang mencapai ketuntasan adalah sebesar 20%. Perhitungan korelasi (r) untuk mencari pengaruh antar variabel X dan Y diperoleh hasil sebesar 0,9747 yang menunjukkan nilai korelasi yang sangat tinggi  dan juga di peroleh hasil dari uji hipotesis (uji-t)  yaitu  =26,881 sedangkan  =1,68.

 Kata Kunci: Pembelajaran, Kooperatif, Tipe Domino.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Djamarah, Bahri Syaiful. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

___________________. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ginnis, Paul. 2008. Trik dan Taktik Mengajar: Strategi Meningkatkan Pencapaian di Kelas. Jakarta: PT. Indeks.

Riduwan. 2013. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Solihatin, Etin, dan Rahardjo, 2009. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung. PT. Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0