ANALISIS TINGKAT KESUKARAN SOAL DAN DAYA PEMBEDA SOAL MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Heppi Yuslita, Zulfan Zulfan, Arifin Arifin

Abstract


Penelitian yang berjudulAnalisis Tingkat Kesukaran Soal dan Daya Pembeda Soal Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI Semester Genjil di SMAN 5 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015-2016. ” ini, bertujuan untuk mendeskripsikan kriteria item tets mata pelajaran sejarah di SMAN 5 Banda Aceh dan menganalisis kesesuaian tingkat kesukaran item tets mata pelajaran sejarah dengan kemampuan siswa di SMAN 5 Banda Aceh. Dalam penelitian digunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMAN 5 Banda Aceh yang mengikuti test ujian semester genap. Sedangkan sampelnya ialah siswa kelas XI/IPS-1 yang terdiri dari 24 orang siswa.Untuk mengumpulkan data digunakan teknik Tes, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang dikumpulkan, penelitian ini menggunakan rumus  untuk mencari tingkat kesukaran soal dan rumus DP =  untuk menghitung daya pembeda. Berdasarkan hasil analisis soal buatan guru mata pelajaran sejarah kelas  XI/IPS-1 SMAN 5 Banda Aceh jika ditinjau dari tingkat  kesukarannya, butir-butir soal tergolong dalam kategori soal mudah. Hal ini dapat diketahui bahwa dari 40 butir soal terdapat 9 (22%) soal tergolong sukar, 12 (30%) soal tergolong sedang dan 19 (47%) tergolong mudah. Sedangkan jika dilihat dari daya beda soal, dapat dikatagorikan kurang baik (jelek). Hal ini juga dapat dilihat dari hasil analisis 40 butir soal, menunjukkan 24 (60%) soal termasuk katagori jelek, 14 (35%) berkatagori sedang atau cukup dan hanya 2 (5%) soal yang tergolong katagori baik.    

Kata Kunci: Analisis, Tingkat Kesukaran Item Test, Mata Pelajaran Sejarah.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Zainal. Dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung: CV. Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nawawi, Hadari. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0