KOMUNITAS MADURA DI DESA PANTAN DAMAR KECAMATAN ATU LINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH TAHUN 1984-2015

Tria Isnainik, Mawardi Umar, Nurasiah Nurasiah

Abstract


Madura merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia. Di Aceh sendiri suku Madura menyebar di berbagai daerah. Salah satu daerah di Aceh yaitu Kabupaten Aceh Tengah memiliki komunitas Madura. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan komunitas Madura dari segi latar belakang kedatangan Komunitas Madura dan perkembangan komunitas Madura dalam bidang kependudukan, mata pencaharian, budaya serta perkembangan interaksi etnis Madura dengan etnis lainya di Desa Pantan Damar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode sejarah kritis (Historis). Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dengan caraheuristik (pengumpulan sumber) berupa sumber primer dan sekunder, sedangkan analisa data dengan cara verifikasi (kritik sumber), interprestasi (penafsiran sumber/penarikan sumber), serta tehnik penulisan menggunakan sistematika historiografi (penulisan sejarah). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang kedatangan etnis madura ke Desa Pantan Damar Kecamatan Atu Lintang Kabupaten Aceh Tengah selain disebabkan oleh adanya program transmigrasi juga disebabkan oleh adanya kemauan etnis Madura itu sendiri guna untuk memperbaiki ekonomi mereka. Jumlah penduduk etnis Madura juga semakin bertambah tiap tahunya.Mata pencaharian mereka pun dari awal kedatangan pada tahun 1984 beragam mulai dari manjadi petani jagung, umbian, petani minyak nilam dan saat ini menjadi petani Kopi. Budaya yang berkembang di Desa Pantan Damar merupakan budaya Madura walaupun etnis Madura hanya minoritas di Desa Pantan Damar bahkan etnis lainnya seperti Etnis Jawa dan Gayo cenderung mengikuti tradisi tersebut. Interaksi antar etnis Madura, Gayo dan Jawa juga terjalin baik. Bentuk hubungan tersebut seperti hubungan melalui perkawinan, pendidikan, dan  bidang keagamaan. Semuanya berjalan dengan baik hingga mengakibatkan terjadinya keselarasan antara etnis Madura, Jawa dan Gayo di Desa Pantan Damar Kecamatan Atu Lntang Kabupaten Aceh Tengah.

Kata Kunci: Komunitas, Madura.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hidayah, Zulyani. 1996. Ensiklopedia Suku Bangsa Indonesia.Jakarta : LP3ES.

Islami, Titik. 2015. Ubi Kayu Tinjauan dan Aspek Eksfisologi Serta Upaya Peningkatan dan Berkelanjutan Hasil Tanaman.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Khasiluddin. 2012. Kopi dan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Gayo. Banda Aceh: BNPB Banda Aceh.

Kuntowijiyo. 2005. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Levang Partice. 2003. Ayo ke Tanah Sebrang (Transmigrasi di Indonesia). Jakarta Kepustakaan Populer Gramedia.

Liliweri Alo. 2005. Prasangka dan Konflik (Komunikasi Lintas Budaya Masyarakat Multikultural). Yogyakarta. PT LKIS Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0