PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN STRATEGI JOYFUL LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTsN MEURAXA BANDA ACEH

Nurul Fajri, Anwar Yoesoef, Muhammad Nur

Abstract


Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan kita. Beberapa model pembelajaran  yang dapat diterapkan guru sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, tetapi beberapa sekolah tentu masih ada guru yang menerapkan model pembelajaran  kurang tepat dan kurang menarik dalam proses pembelajaran. Hasil observasi di MTsN Meuraxa Banda Aceh, memperlihatkan proses pembelajaran IPS didalam kelas cendrung membosankan dan kurang menarik perhatian siswa. Model kooperatif tife talking stick dengan strategi joyful learning merupakan salah satu cara untuk meningkatkan prestasi siswa. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana pengaruh model pembelajaran  kooperatif tipe talking stick dengan strategi joyful learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran  IPS kelas VII MTsN Meuraxa Banda Aceh, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan  model pembelajaran  kooperatif tipe talking stick dengan strategi joyful learning dan untuk mengetahui  seberapa besar pengaruhnya terhadap prestasi  belajar siswa pada mata pelajaran  IPS kelas VII MTsN Meuraxa Banda Aceh.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas Kelas VII MTsN Meuraxa Banda Aceh. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes yang dilakukan hanya tes akhir (post-test), yang digunakan untuk mengetahui aspek kemampuan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan data tersebut diolah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan prestasi siswa pada kelas eksperimen lebih meningkat daripada kelas kontrol. Pada kelas VII-1 (kelas eksperimen) siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 92 persen dan kelas VII-2 (kelas kontrol) siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 36 persen. Perhitungan korelasi (r) untuk mencari pengaruh antar variabel X dan Y diperoleh hasil sebesar 0,96 yang menunjukkan nilai korelasi yang sangat tinggi dan juga diperoleh hasil dari uji hipotesis (uji-t) yaitu thitung 23,72 dan ttabel 1,67. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan erat antara variabel X (nilai hasil siswa belajar menggunakan model pembelajaran  kooperatif tipe talking stick dengan strategi joyful learning) dan variabel Y (nilai prestasi belajar konvensional). Dari hasil tersebut model pembelajaran  kooperatif tipe talking stick dengan strategi joyful learningmemberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VII MTsN Meuraxa Banda Aceh.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Talking Stick, Joyful Learning, Prestasi Belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu dan Widodo, Suprijono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharismi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

_______. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Asyura, S. 2014. “Penerapan Media Powerpointberbasis Joyful Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMAN 2 Banda Aceh”. Skripsi. Tidak diterbitkan. Banda Aceh: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala.

Djamarah, Bahri Syaiful. Djamarah. 1994. Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional

___________________.2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

http://ainamulyana.blogspot.co.id/2015/02/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html

https://tarmizi.wordpress.com/2010/02/15/talking-stick/

Huda, Miftahul. 2011. Cooperatif Learning, Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: PT. Alfabeta.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

_______. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Miswan. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Subtema Keanekaraman Hewan Dan Tumbuhan Di Kelas IV SD Negeri 14 Banda Aceh”. Skripsi. Tidak diterbitkan. Banda Aceh: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala.

Riduwan. 2013. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Cipta Pesona Sejahtera.

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya Cetakan ke-4. Jakarata: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung. PT. Tarsito.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Taniredja, Tukiran dkk. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Thobroni, dan Arif Mustofa. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2009. Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Uno, B Hamzah. 2011. Model Pembelajaran:Menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0