PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2014/2015

Mutia Rahmah, M. Arifin Arifin, Zulfan Zulfan

Abstract


Berbagai  permasalahan yang terus timbul di dunia pendidikan seperti kurangnya tenaga profesional di bidang pendidikan serta kurangnya minat belajar para peserta didik yang berimbas pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dihasilkan lembaga-lembaga pendidikan. Salah satu sekolah yang masih menggunakan model konfensional adalah SMA Negeri 1 Krueang Barona Jaya Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Giving Question And Getting Answer di bandingkan dengan metode konvesional pada mata pelajaran Sejarah. Pendekatam yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, yang berjumlah 107 siswa. sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA-1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalaui pemberian tes (post-tes) sedangkan teknik pengolahan dan anlisis data menggunakam rumus kolerasi product moment dan data tersebut diolah dengan menggunakan rumus uji t. hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Perhitungan korelasi (r) untuk mencari pengaruh variabel X dan Y diperoleh hasil sebesar r = 0,96 yang menunjukkan nilai kolerasi yang sangat tinggi, dan juga diperoleh hasil dari uji hipotesis ( uji t ) yaitu thitung 21,12 dan ttabel 1,68. Karena thitung lebih besar dari ttabel (21,12≥1,68), sehingga hasil penelitian tersebut tinggi karena dapat mempengaruhi hasil belajar siswa maka korelasinya signifiknya yang berarti Ha diterima dan Ho di tolak. Dari hasil tersebut model pembelajaran Giving Question And Getting Answer  memberi pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar Sejarah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya, Aceh Besar. Saran yang diberikan Guru harus lebih sering menggunakan Model kooperatif untuk memotivasi belajar siswa, agar siswa bersemangat di dalam belajar, dan memberikan penghargaan berupa pujian bagi siswa yang aktif bertanya.

Kata kunci: Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer, Prestasi Belajar     


 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Cetakan kedelapan. Jakarta : Rineka Cipta.

Dalyono. 2005. Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Saiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

http://www.iyashphunkalfreth.blogspot.co.id//triasteknodikperbandinganmetodepembelajaran(diposkan 30 juni 2010 oleh trias teknodik)

http://www.kompasiana.com/wantisimanjuntak/faktor-faktoryang mempengaruhi belajar(diposkan 22 mei 2013 oleh kompasiana.com)

Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003 Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta:PT Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2011 Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta:PT Grafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Taniredja, Tukiran, dkk. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: CV Alfabeta.

Uno, B. Hamzah dan Kuadrat, Masri. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0