PERKEMBANGAN PARIWISATA DI KOTA BANDA ACEH TAHUN 1970-2015

Nora Ramadhana, Husaini Ibrahim, Zainal Abidin AW

Abstract


Banda Aceh merupakan salah satu daerah yang memiliki tempat wisata yang indah. Sejak adanya otonomi daerah menjadikan Aceh sebagai salah satu tempat wisata dengan nilai-nilai islami. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kebijakan pemerintah dalam mengembangan pariwisata di Kota Banda Aceh, perkembangan fasilitias penunjang pariwisata di Kota Banda Aceh, perkembangan jumlah wisatawan (nusantara dan mancanegara) yang mengunjungi pariwisata di Kota Banda Aceh serta kendala yang dihadapi dalam mengembangkan pariwisata di Kota Banda Aceh. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian sejarah. Sumber yang digunakan adalah sumber primer dan sekunder. Sumber primer diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi berupa statistik dan laporan. Sumber sekunder diperoleh jurnal dan buku-buku yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pariwisata dari tahun ke tahun mengalami perkembangan, tetapi sekitar tahun 1970 pariwisata belum berkembang dan baru mulai berkembang sekitar tahun 1980. Jumlah fasilitas baik saranan dan prasarana juga tahun demi tahun yang pada awalnya (1970) misalnya hotel belum mulai ada tetapi tahun 1991 hotel telah berjumlah 7 dan terus meningkat sehingga pada tahun 2015 telah berjumlah 61 hotel. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Banda Aceh sekitar tahun 1970 sampai 1990-an tidak berkembang dengan baik disebabkan konflik antar RI dan GAM yang terjadi di terjadi di Aceh, dan pada tahun 2004 karena bencana gempa dan tsunami yang memporak-porandakan hampir semua fasilitas yang ada di Kota Banda Aceh, namun mengalami  peningkatan terutama setelah pembangunan kota Banda Aceh pasca bencana gempa dan tsunami yaitu sejak tahun 2005, dan juga setelah diadakannya visit Banda Aceh years, pada tahun 2011 jumlah wisatawan yang datang baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara terus meningkat dan orang-orang luar mulai mengenal Aceh. Kendala-kendala yang dihadapi dalam mengembangkan pariwisata adalah sistem keamanana, sikap masyarakat yang kurang mendukung, sumber daya manusia (SDM) yang belum memadai, ketersediaan transportasi, lahan yang kurang dan pendanaan.

 

Kata Kunci: Perkembangan, Pariwisata, Jumlah Wisatawan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adam, Zoelfikar. 2001. “Perkembangan Pariwisata dan Prospeknya di Kota Sabang”. Skripsi tidak diterbitkan. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala, Fakultas Ekonomi, Darussalam, Banda Aceh.

Afir, A Kamal & Salmawaty. 2013. BANDA ACEH HERITAGE (Jalur Jejak Budaya & Tsunami). Banda Aceh: Pustaka Bustanussalatin.

Badan Pusat Statistik Aceh. 2013. Banda Aceh.

Hadinoto, Kusudianto. 1996. Perencanaan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

http://sultaniskandarmudaairport.co.id/id/general, (diakses 5 Juni 2016).

http://www.acehterkini.com (diakses 15 Juni 2016, pukul 14:20 WIB).

http://www.slideshare.net/arlinassaluria/p-aceh-no8th-2013 (8 Agustus 2015, jam 13;03 WIB)

Kuntowijoyo. 1999. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

---------- (Ed). 2003. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: PT.Tiara Wacana Yogya.

Maleong, Laxy. 2007. Metodelogi Penelitian. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Munawarah, Siti, dkk. 1999. Peranan Kebudayaan daerah Dalam Perwujudan Masyarakat Industri Pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurdin, Mawardi. 2011. Strategi Membangun Kota Banda Aceh Berbasisi kompetensi. Jakarta: Indomedia.

Pendit, Nyoman. 1986. Ilmu Pariwisata, Sebuah Pengantar Pemula. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Rusdi Sufi. 1997. Sejarah Kota Madya Banda Aceh. Banda Aceh: Balai Pelstarian Nilai Budaya dan Sejarah Aceh.

Setyantoro, Agung Suryo. 2010. “Visit Banda Aceh Year 2011: Pengembangan Budaya dan Perekonomian Daerah”. Buletin Haba, Nomor 57.

Shella, Zelvian. 2014. Faktor-Faktro Yang Mempengaruhi Penerimaan Daerah Sektor Pariwisata Kota Banda Aceh. Thesis tidak diterbitkan. Pasca Sarjana Unsyiah. Darussalam, Banda Aceh.

siapapunsuka.blogspot.co.id. (diakses pada tanggal 16 Juli 2016, pukul 23:55 WIB)

Spillane, James P. 1987. Ekonomi Pariwisata, sejarah dan prospeknya. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, Budi, Agus dan Ismail, Marzuki. 2008. Dunia Pariwisata di Aceh. Banda Aceh: Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Wijaya, Jauharoh. Sejarah Munculnya Pariwisata di Indonesia, (Online) http://www.academia.edu/9229765/Sejarah_Munculnya_Pariwisata_di_Indonesia (diakses tgl 21 November 2015 jam 14:02) .

Yoeti, Oka. 2010. Dasar-Dasar Pengertian Hospitaliti dan Pariwisata. Bandung: P.T Alumni.

Zainuddin, M. 1957. Singa Atjeh (Biografi Seri Sultan Iskandar Muda). Medan: Pustaka Iskandar Muda.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0