MENELUSURI SEJARAH DAN PENGELOLAAN BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA (SIM) TAHUN 1943-2015

Rejeki Rejeki, Mawardi Mawardi, Zainal Abidin AW

Abstract


Bandara Sultan Iskandar Muda merupakan bandara tertua di Indonesia. Bandara ini dibangun pada masa pendudukan Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetatahui: (1) untuk mengetahui apa yang melatar belakangi pembangunan bandara Sultan Iskandar Muda; (2) untuk melihat perkembangan Bandara Sultan Iskandar Muda 1943-2015; (3) bagaimana pengelolaan Bandara Sultan Iskandar Muda 1943-2015. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif, dan menggunakan metode penelitian sejarah. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui studi kepustakaan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) cikal-bakal pembangunan bandara sultan iskandar muda (blang bintang) merupakan salah satu keinginan jepang semasa menduduki wilayah Indonesia guna untuk mempermudah segala aspek kebutuhan serta mempermudah untuk menguasai hasil alam yang ada di Aceh, serta tidak terlepas juga karna keinginan Jepang dalam perang dinia ke II untuk menguasai dunia; (2) bandara Sultan Iskandar Muda sejak berdiri tahun 1943 dan mulai difungsikan sejak tahun 1953 terus mengalami perkembangan dan pengembangan baik fasilitas penerbangan dan juga fasilitas terminal penumpang, pengembangan pertama tahun 1968 dengan menambah landasan pacu, pengembangan kedua tahun 1993. Dan pengembangan yang ke tiga dilakukan pada tahun 1999, pengembangan dan perkembangan terus saja dilakukan terutama sekali pada tahun 2007 fasilitas bandara diperbaharui secara besar-besaran dan bandara semakin berkembang saat bergabung dengan PT.Angkasa Pura II. Jumlah pergerakan pesawat terbang dan pergerakan penumpang dari tahun ke tahun mengalami peningkatanhal ini dikarenakan semakin banyaknya orang menggunakan jasa transportasi udara; dan (3) Bandara Sultan Iskandar Muda dikelola oleh PT.Agkasa Pura II semenjak tahun 1994, sebelumnya dikelola oleh dinas perhubungan provinsi Aceh. Sesuai dengan visi dan misi Bandara Sultan Iskandar Muda meningkatkan citra bangsa dengan menjadi World class Airport sebagai gerbang ekonomi dan budaya, pihak Angkasa Pura II melakukan pengembangan-pengembangan serta membuat Jadwal-Jadwal dan ketentuan secara terarah dan tertata.

 

Kata Kunci: Perkembangan, Bandara, dan Sultan Iskandar Muda.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aulia, M. Khairatul. 2011. “Kontribusi Bandara Sultan Iskandar Muda Terhadap Pendapatan Masyarakat Sekitar Bandara”. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Hartati, Anna. 2012. “Analisis Pengembangan Runway dan Fasilitas Alat Bantu Pendaratan di Bandar Udara Depati Amir Bangka”. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Adisucipto.

http//perbedaan-bandara-komersil-dan-lapangan.jurnal,online,html (diakses 02-juli-2015.15.30 Wib)

http:// sultaniskandarmuda-airport.co.id/id/general/about-us (Diaksespada 27 – 05 -2015)

http://.angkasapura2.co.id (Diaksespada 27-05-2015 pukul 21.15 wib)

http://hubud.dephub.go.id/page/detail( diakses senin 21 desember 2015. Pukul 21.00 Wib)

http://Undang- UndangRepublik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 ( Diakses 23-07-2015)

http://Undang-undangRepublik Indonesia 1992.

Lalulintasdanangkutanjalan. Undang-undangRepublik Indonesia.( Diaksespada 27-05-2015)

Hutagaol, Desmond. 2013. Pengantar Penerbangan Perspektif Profesional. Jakarta: Erlangga.

Kementerian Perhubungan. 2011. Geo-Spasial Udara. Jakarta: Kementerian Perhubungan.

Kuntowijoyo. 2003. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Moleong, J. Lexy. 2003. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sepriana, Jevelia. 2012. “Dampak Pengembangan Bandara Sultan Iskandar Muda terhadap Sosial Ekonomi dan Lingkungan”. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Yuza, Hendri. 2005. “Pengembangan Terminal Bandar Udara Sultan Iskandar Muda Nanggroe Aceh Darussalam”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0