Pengaruh Penggunaan Media Papan Buletin Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Takengon
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh penggunaan media Papan Buletin terhadap minat belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 20 Takengon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 54 siswa. Sampling dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA yang berjumlah 32 siswa, hanya 22 orang siswa sebagai sampel kelas ekperimen dan VIIIByang berjumlah 22 siswa di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) secara homogenitas kedua kelas yang dijadikan sampel bersifat homogen. Hasil ini diketahui dari hasil uji homogenitas dengan hasil perhitungan Fhitung < Ftabel yakni 1,20 < 2,05. (2) untuk uji normalitas kelas eksperimen diperoleh X2hitung = 9,61 dan X2tabel= 16,9 dan uji normalitas kelas kontrol diperoleh X2hitung = 10,21 dan X2tabel = 16,9, maka dapat dikatakan kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal (3) hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dan diperoleh nilai thitung = 11,1, sedangkan ttabel = 1,67 pada taraf signifikan (α = 0,05) sedangkan dk = 42 adalah 1,67 dengan kriteria Ha diterima. Hasil Penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa belajar dengan menggunakan media Papan Buletin dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini diketahui dari nilai rata-rata siswa kelas ekperimen adalah 75,1, sementara pada kelas kontrol yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional atau ceramah dan mencatat memiliki nilai rata-rata siswa adalah 61,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan media Papan Buletin, siswa tertarik, senang dalam mengikuti proses pembelajaran dan menunjukkan minat belajar yang sangat baik.
This research purposes to analyze how is the using of buletin board media’s effect to learn of SMP Negeri 20 Takengon. The research is conducted by implementing quantitative approach and experiment study. The population in this study is all eight grade students consisting of two classes totaling 54 students. The sampling in this paper is students of class VIIIIA 22 students who place as the sample of experiment class and 22 students of class VIIIB in control class. The collection technique used is observation, questioner and documentation. Based on the study result, it is found out that (1) as homogeneity, both classes placed as sample are homogeneous. These result is known from the homogeneity test with calculation result is Fcount 1.20< Ftable 2.05. (2) for the normality test of the experimental class obtained X2count =9.61 and X2table=16.9 and the control class normality test obtained X2count=10.21 dan X2table=16.9, thus it can be said that the experimental class and control class are normally distributed (3) hypothesis test result using test-t and it is obtained the value of tcount=11.1, while ttable=1.67 at a significant level (α= 0.05) meanwhile dk=42 is 1.67 with criteria Ha is received. The paper result obtained shows that study by using Bulletin Board media could increase students interest in learning. It is known from the students’ score of the experimental class is 75.1, in class control which still uses conventional learning method or lecture and take note has score as 61.5. Therefore, that learning process by using Bulletin Board media makes students become more interested in and happy in attending leaning process and shows great interest to learn.
Full Text:
PDFReferences
Anggun, Diah Putri, dkk. 2018. Pengaruh Penggunaan Papan Buletin dalam Model Pembelajaran Aktif Tipe Indec Card Match (ICM) terhadap Kopentensi Kognitif Siswa SMA. Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology. (Online), Vol. 1, No. 2, (http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article, diakses pada tanggal 3 Mei 2020).
Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Danim, Sudarwan. 2008. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2006. UU RI No.20 Tahun 2003. Tentang pendidikan nasional. Jakarta
Djamarah dan Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Asdi Mahastya.
Margono. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan: Komponen MKDK. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Putri, Nur Rizki, dkk. 2015. Pengembangan Buletin Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Gerak Melingkar Pada Siswa Kelas X IPA SMA. Jurnal Radiasi (online) Vol. 06, No. 1. (http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/index, diakses pada tanggal 3 Mei 2020).
Rotari, Septi, dkk. 2013. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Bulletin Board Terhadap Hasil Belajar Siwa pada Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 10 Palembang Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi, Universitas Sriwijaya. (online) (http://ejurnal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/4531, diakses pada tanggal 3 Mei 2020).
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsiti Bandung.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______. 20117. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wati, Lutfiana Ambar. 2015. “Penggunaan Media Papan Buletin Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X3 SAM Negeri Ngoro Jombang Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi. Universitas Negeri Malang. (http://library.um.ac.id/ptk/index, diakses pada tanggal 9 Mei 2020).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.usk.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0