Filsafat Materialisme: Dialektika Perubahan pada Sistem Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19

*Annisa Luhur Padmahardi, Yuliati Yuliati

Abstract


Tujuan dituliskannya artikel ini adalah untuk mengetahui keterkaitan pada aliran filsafat materime yaitu dialektika peningkatan Pendidikan pada masa pandemic covid-19. Dalam menulis artikel penulis menggunakan metode library research dengan menggunakan sumber buku dan jurnal-artikel. Dialektika merupakan sebuah salah satu aliran dari filsafat materialism Karl Marx yang menjelaskan tentang segalal sesuatunya dapat berkembang sesuai dengan hukum dialektika yang memandang pada berbagai sesuatu materi yang nyata dan bergerak. Pada dunia Pendidikan untuk aliran dialtika ini hanya mencangkup pengetahuan yang dapat dipercaya. Pada aliran dialektika Karl Mrax yang mengadaptasi dari dialektika Hegel, yang diyakini dalam perubahan dunia dan munculnya sebuah sifat-sifat baru pada perkembangan. Apabila dikaitkan dengan perkembangan Pendidikan pada masa kini dengan menggunakan berbagai macam jenis teknologi dan terdapat situasi yang dimana dapat menghambat berjalannya sebuah Pendidikan pada pandemic covid-19. Pandemic covid-19 yang telah merubah bentuk sistem Pendidikan yang ada dan dengan berbagai macam dampak yang terjadi pada dunia Pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Afifah, N. (2020, April 13). Sistem Pendidikan Di Indonesia. researchgate, 1-4.

Ahmad, M. B. (2011). Marxisme Pendidikan. Makalah, 1-34.

Alfian , M. (2011, Maret). Pendidikan Sejarah dan Permasalahan Yang Dihadapi. KHAZANAH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 1-8.

Farihah, I. (2015, Desember). Filsafat Materialisme Karl Marx (Epistimologi, Dialectical, and Historical Materialism). FIKRAH:Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan, 3(2), 431-459.

Gunawan , I. (2013). Metodologi Kualitatif. FIP UM, 1-27.

Heru, F. S., Sumardi, & Umamah, N. (2014). Sistem Pendidikan Belanda di Indonesia Tahun 1900-1942. repository UNEJ, 1-8.

J.R , S. A. (2007). Sejarah Pemikiran Barat Dari Yang Klasik Sampai Yang Modern. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Kariarta, I. (2020, Maret). Paradigma Materialisme Dialektis di Era Milenial. SANJIWANI: Jurnal Filsafat, 11(1), 71-89.

Kirom, H. (2020, April 10). Efek PSBB Bagi Pendidikan. kompasiana, pp. 1-1. Retrieved from https://www.kompasiana.com/husnilkirom/5e8e74ead541df4ecb2fd482/efek-psbb-bagi-pendidikan

Laela, N. (2020, Juni 5). Perubahan Sistem Pendidikan Pada Masa Pandemi. Kompasiana.com, pp. 1-2. Retrieved from https://www.kompasiana.com/nur15619/5ed9cac4097f3618270e54d2/perubahan-sistem-pendidikan-pada-masa-pandemi

Maizurah, S. (2015, Agustus 27). Perubahan Sistem Pendidikan. kompasiana.com, pp. 1-2. Retrieved from https://www.kompasiana.com/pendidikan-masa-kini/54f5f1e4a333117a028b4637/perubahan-sistem-pendidikan

Maunah, B. (2009). Landasan Pendidikan. Yogyakarta: TERAS.

Munirah. (2015, Desember). Sistem Pedidikan Di Indonesia: Antara Keinginan dan Realita. AULADUNA, 2(2), 233-246.

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. ADALAH: BULETIN HUKUM & KEADILAN, 4(1), 49-57.

Sudarsana, I. (2016). Pemikiran Tokoh Pendidikan Dalam Buku Lifelong Learning: Politicies, Practices, and Programs (Perspektif Ppeningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia.

Umanailo, M. B. (n.d.). Ppemikiran-Pemikiran Karl Marx. 1-6.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/26/190100765/peringkat-indonesia-di-dunia-terkait-covid-19--total-kasus-kesembuhan-dan?page=all

https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/10/144500565/rekor-kasus-harian-baru-covid-19-di-dunia-lewati-angka-350.000?page=all




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v7i1.16167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0