Analisis Filsafat: Retorika Aristoteles dalam Meningkatkan Kemapuan Public Speaking dan Relevansinya Pembelajaran

Akhmad Agung Syahputra

Abstract


Tujuan dituliskannya artikel ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara filsafat retorika Aristoteles dalam meningkatkan kemampuan public speaking serta relevansinya terhadap kegiatan pembelaaran dalam kelas. Dalam menulis artikel penulis menggunakan metode library research dengan sumber buku dan artikel. Retorika merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengemukakan pendapat di depan umum. Dalam mempelajari retorika diperlukan kemampuan komunikasi yang baik agar pesan yang dibawa dapat tersampaikan dengan jelas kepada orang yang dituju. Retorika pertama kali dikemukakan oleh Aristoteles yang merupakan ahli filsuf Yunani dengan mendasarkaannya pada tiga aspek diantaranya adalah logika, etika, dan emosional. Kemampuan dalam beretorika juga mulai digunakan dalam kegiatan pembelajaran dalam kelas. Sebagai pendidik tentu harus memilih kalimat yang sesuai untuk menyampaikan isi materi kepada peserta didik agar tidak menimbulkan adanya salah persepsi. Begitupula sebagai peserta didik, kemampuan retorika ini dapat digunakan untuk mengungkapkan pendapatnya mengenai suatu materi sesuai denga etika yang berlaku.


Full Text:

PDF

References


Anwar, M. (2015). Filsfat Pendidikan. Kencana: Jakarta

Ahyar, D.F.N,dkk. (2019). Analisis Retorika Ustadzh Abdul Somad sebagai Bahan Pembelaaran Teks Ceramah. In Seminar Internasional Riksa Bahasa. Diakses dari http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article.view/998 pada 9 Oktober 2020

Faizah, U. (2014). Retorika Sebagai Ilmu Komunikasi dalam Pendidikan. Jurnal Bahtera-Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya, 1(02). Diakses dari http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/bahtera/article/view/3500 pada 9 Oktober 2020

Machmut, J, dkk. 2012. Pemikiran Filsafat Pendidikan Menurut Aristoteles. Jurusan PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Pati. Diakses dari https://www.academia.edu/11472368/Makalah_Filsafat_Pendidikan pada 9 Oktober 2020

Magnis, F. & Suseno. 2009. Menjadi Manusia belajar dari Aristoteles. PT Kanisius: Yogyakarta

Martham I.N. 2010. Retorika dan Penggunaannya dalam Berbagai Bidang. Prasi, 6(12). Diakses dari https://ejournal.undiskha.ac.id/index.ph/PRASI/article/view/6828 pada 9 Oktober 2020

Maulidi, S. 2016. Aristoteles Inspirasi dan Pencearahan untuk Hidup Lebih Bermakna. PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia: Jakarta

Nurhayati, N & Bissalam, U. (2020). Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah (MAN) 1 Majene Melalui Pelatihan Public Speaking. Abdimas Toddopuli: junal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 106-116. Diakses dari https://e-journal.my.id/atjpm/article/view/258 pada 21 Oktober 2020

Puspita, R. Mafud MD: Guru Dianiaya Siswa Karena Runtuhnya Moral. Republika. 4 Februari 2018. Diakses dari https://www.google.com/url?client=internal-element-cse&cx=partner-pub-4357510538660394:7831812009&q=https://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/p3mk3z428/mahfud-md-guru-dianiaya-siswa-karena-runtuhnya-moral&sa=U&ved=2ahUKEwjr8tfxnKbsAhWL4XMBHds3BCQQFjAegQICBAC&usg=AOvVaw3BkF5SNi_L1_SgibEKmiQ5 pada 9 Oktober 2020

Sardila, V. & Arini, A. (2018). Alternatif Peningkatan Kreativitas Retorika Mahasiswa melalui Model Simulasi pada Media Penyiaran. Jurnal Dakwah Risalah, 29(1), 49-54. Diakses dari http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/risalah/article/view/5890 pada 21 Oktober 2020

Sari, M & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Pendidikan Bidang Ipa dan Pendidikan Ipa, 6(1). Diakses dari ejournal.ac.id pada 20 Oktober 2020

Susanto, R. 2019. Ensiklopedi Tokoh Dunia Aristoteles. Penerbit Nuansa Cendekia: Bandung.

Sutrisno, I & Wiediajrti, I. (2015). Kajian Retorika Untuk Pengembangan Pengetahuan dan Ketrampilan Berpidato. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1). Diakses dari http://103.23.20.161/index.php/komunikasi/article/download359/298 pada 9 Oktober 2020

Yenni, E.(2018). Penggunaan Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Keterampilan Retorika dan Public Speaking Bagi Siswa SMA di Kota Binjai. Diakses dari pada 21 Oktober 2020 http://penelitian.uisu.ac.id/wp-content/uploads/2018/10/2.-Elvita-yenni.pdf




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v7i1.16162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0