PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BOWLING KAMPUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 1 INGIN JAYA
Abstract
Strategi pembelajaran sangat memepengaruhi hasil belajar yang ingin dicapai oleh seorang guru. Untuk memperoleh hasil belajar siswa yang tinggi, salah satunya ialah penerapan strategi pembelajaran bowling kampus. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Bowling Kampus Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ingin Jaya”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ingin Jaya yang berjumlah 156 siswa yang terdiri dari 6 kelas. Sampelnya adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas terdapat perbedaan antara kelas eskperimen dan kelas kontrol nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 79,8:72,7. Berdasarkan uji hipotesis atau uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 = 22 + 22 – 2 = 42. Maka dari daftar distribusi t diperoleh ttabel = 2,02. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, terima H0 jika t < t1-1/2α. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, diperoleh hasil uji-t yaitu nilai thitung = 3,19 dan nilai ttabel = 2,02. Berarti bahwa thitung > ttabel yaitu 3,19 > 2,02. Artinya penggunaan strategi pembelajaran bowling kampus berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajran sejarah. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi bowling kampus adalah siswa lebih aktif, kreatif dan tidak hanya menjadi pendengar pasif dari apa yang disampaikan guru tapi siswa juga terlibat secara langsung dalam proses belajar mengajar.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Dalyono, Bambang. 2016. Strategi Pembelajaran Inovatif Untuk Mencapai Kompetensi Pembelajaran. Prosiding Temu Ilmiah Guru (Ting) VIII
Istarani & Ridwan, Muhammad. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: CV Media Persada
Margono, S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet
Silberman, Melvin L. 2017. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cindekia.
Slameto, 2010.Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Pramono, Budi. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Mempraktikan Keterampilan Bermain Salah Satu Permainan dan Olah Raga Beregu Bola Besar (Sepak Bola) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan Melalui Model Pembelajaran Bowling Kampus Siswa Kelas X5 SMA Negeri 1 Barat. Jurnal Pendidikan. Vol.1 No.1, 1-16.
Wanti, Inda Julia. dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Bowling Kampus dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas IX SMPN 4 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Pendidikan. Vol.5 No.1, 1-14.
Winarso, Widodo. 2015. Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Cirebon: CV.Confident
Yani, Juhri. dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Bowling Kampus Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA N 3 Tambusai Utara pada Materi Limit Fungsi. Jurnal Pendidikan. Vol.1 No.1, 1-3.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0