PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CAROUSEL FEEDBACK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X1 IPS SMA NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

Julhadi ,, Anwar Yoesoef, Zulfan .

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendanya hasil belajar siswa mata pelajaran Sejarah khususnya materi Perang Dunia I. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antara faktor penyebabnya adalah penggunaan model yang digunakan masih bersifat konvensional, siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran dan penilaian yang digunakan masih bersifat penilaian hasil bukan penilaian proses. Penelitian ini berjudul pengaruh model pembelajaran Carousel Feedback terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Carousel Feedback terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan dan sampelnya terdiri dari 56 siswa kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan memberikan test dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa diperoleh nilai pada taraf signifikansi 0,975 dengan derajat kebebasan dk = 54, maka hipotesis alternatif diterima. Di kelas eksperimen terdapat 6% siswa tidak tuntas belajar dan 94% siswa yang tuntas belajar, sedangkan di kelas kontrol 58% siswa tidak tuntas belajar dan 42% siswa yang tuntas belajar. Sesuai dengan pengolahan data, diperoleh hasil uji-t yaitu thitung  = 4,55 sedangkan > ttabel = 2,00, berarti thitung > ttabel atau 4,55 > 2,00. Dengan demikian sesuai kriteria pengujian, maka H1 diterima.


Full Text:

PDF

References


Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Muhammad. 2016. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: AR-Ruzz Media.

Fathurrohman, Muhammad. 2017. Belajar dan pembelajaran modern konsep dasar, inovasi dan teori pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : PT Alfabeta.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Soekidjo Notoatmodjo. 2003. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0