PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP COOP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa paada mata pelajaran sejarah yang disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya penggunaan metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional, siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran dan penilaian yang digunakan masih bersifat penilaian hasil bukan penilaian proses. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Co-op Co-op terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Seulimeum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Seulimeum dan sampelnya terdiri dari 56 siswa, kelas eksperimen 28 orang dan kelas kontrol 28 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan test dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah, karena siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, bahkan dari hasil pengolahan data diperoleh nilai pada taraf signifikansi yaitu 0,05 dengan derajat kebebasan dk = 56, maka hipotesis alternatif diterima. Di kelas eksperimen terdapat 21,42% siswa tidak tuntas dalam pembelajaran dan 78,57% berhasil menuntaskan pembelajaran, sedangkan di kelas kontrol 78,57% siswa tidak tuntas dalam pembelajarannya dan 21,42% siswa tuntas hasil belajarnya. Sesuai dengan pengolahan data, diperoleh hasil uji-t yaitu thitung = 9,4 sedangkan ttabel = 2,00, dapat dinyatakan bahwa thitung > ttabel atau 9,4 > 2,00. Dengan demikian sesuai kriteria pengujian, maka Ha diterima.
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Margono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran mengembangkan profesional guru. Jakarta: Raja Wali Press.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudjana. 2005. Metode Statistika Bandung: PT. Tarsito.
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Winarso, Widodo. 2015. Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Cirebon: CV. Confident.
Silberman, Malvin L. 2010. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.
Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sukmadinata, Nana Syaodih dan Erliana Syaodih. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Rafika Aditama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0