PENGARUH STRATEGI GALLERY OF LEARNING (GALERI BELAJAR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 INGIN JAYA KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR
Abstract
Penelitian yang berjudul “Pengaruh Strategi Gallery of Learning (Galeri Belajar) Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Ingin Jaya” ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan strategi galeri belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Ingin Jaya. Adapun materi yang diajarkan adalah dampak pendudukan Jepang di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 46 orang siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol di masing-masing kelas berjumlah 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Adapun tahap teknik analisis data dalam penelitian ini adaah (1) menghitung rata-rata; (2) menghitung varians dan simpangan baku; (3) uji normalitas sebaran data; (4) uji homogenitas varians; dan uji-t. Berdasarkan tahap analisis data tersebut maka diperoleh: nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 81,06 : 68,65. Varians dan simpangan baku kelas eksperimen adalah 105,43 dan 10,26 sedangkan kelas kontrol 68,87 dan 8,29. Uji normalitas kelas eksperimen adalah 4,93 dan kelas kontrol 4,51. Uji homogenitas varians tes akhir kelas eksperimen dan kontrol adalah 1,53 dan hasil uji-t 0,49. Hasil penelitian yang didapati adalah penerapan strategi gallery of earning (galeri belajar) berpengaruh terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Ingin Jaya. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis data diatas bawah nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sebaran data nilai tes akhir siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal berdasarkan taraf signifikan X2hitung ≤ X2tabel yaitu 4,93 ≤ 7,81 dan 4,51 ≤ 7,81, untuk uji homogenitas Fhitung ≤ Ftabel = 1,53 ≤ 2,03 maka varians data kelas eksperimen dan kelas kontrol homogen. Hasil uji-t dalam menganalisis pengaruh hasil belajar dengan menggunakan strategi galeri belajar diperoleh uji-t yaitu thitung = 0,49 sedangkan ttabel = 1,68. Berati bahwa thitung ≥ ttabel = 0,49 ≥ 1,68. Dengan demikian sesuai dengan kriteria pengujian maka Ha diterima.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka CiptA.
Barnawi & M. Arifin. 2016. Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz media.
Darmadi, Hamid. 2013. Dimensi-Dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial Konsep Dasar dan Implimentasi.Bandung: Alfabeta.
Dimyati dan Mujiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Margono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Silberman, Malvin L. 2010. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.
Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sukmadinata, Nana Syaodih dan Erliana Syaodih. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Rafika Aditama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0