PERBANDINGAN IPK MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH ASAL KOTA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR DENGAN MAHASISWA LUAR ASAL KOTA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR
Abstract
Penelitian yang berjudul “Perbandingan IPK mahasiswa Pendidikan Sejarah asal kota Banda Aceh dan Aceh Besar dengan mahasiswa luar asal kota Banda Aceh dan Aceh Besar” ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan IPK mahasiswa Pendidikan Sejarah asal kota Banda Aceh dan Aceh Besar dengan mahasiswa luar asal Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh alumni Jurusan Pendidikan Sejarah FKIP Unsyiah dari tahun angkatan 2010, 2011, dan 2012 sebanyak 180 orang dan sampel penelitian dilakukan sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan dokumentasi dan teknik analisis data dengan cara menggunakan analisis statistik dengan terlebih dahulu menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS for windows 20. Berdasarkan data yang telah terkumpul, diperoleh nilai rata-rata mahasiswa yang berasal dari asal Banda Aceh dan Aceh Besar 3,43 dan mahasiswa yang berasal dari asal luar Banda Aceh dan Aceh Besar 3,17. Selanjutnya dari hasil penelitian diketahui bahwa secara; uji normalitas, dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data kuantitatif menggunakan rumus uji-t pada taraf signifikan α=0.05 dengan dk=58 dan peluang (1-α), ternyata thitung ≤ atau 1,33≤2,00. Jadi, Hipotesis Nol () dan Hipotesis Alternatif (). Data ini berarti bahwa tidak terdapat perbedaan IPK antara mahasiswa yang berasal dari Banda Aceh dan Aceh Besar dengan mahasiswa yang berasal dari luar Banda Aceh dan Aceh Besar.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
________________. 2006. Prosedur Peneitian Suatu Praktik Pendekatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hasbullah. 2011. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Margono,S. 2007.Metodologi Penelitian Pendidikan Komponen Mkdk. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika Bandung:Tarsito.
Sugiyono. 2014. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Mentari. 2017. Pengaruh Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Terhadap Nilai Ujian Komprehensip Mahasiswa Sejarah FKIP Unsyiah.[SKRIPSI]. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.
Usvita, Nanda. 2017. Perbaningan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Syiah Kuala yang Menerima Bidik Misi dengan Mahasiswa Non-Bidik Misi. [SKRIPSI]. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0