PELAKSANAAN STRATEGI DUTA BESAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SIWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TAPAKTUAN
Abstract
Penelitian yang berjudul “Pelaksanaan Strategi Duta Besar Dalam Meningkatkan Prestasi BelajarSejarah Siswa Kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Tapaktuan” ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan strategi duta besar terhadap prestasi belajar siswakelasXI IPS SMA Negeri 1 Tapaktuan. Adapun materi yang digunakan ialah Proses MasukdanBerkembangnya Penjajahan Bangsa Eropa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapaktuan yang berjumlah 54 siswa dan terdiri dari 2 kelas, dan sampel yang digunakan ialah kelas XI IPS 2, yang terdiri dari 28 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan tes dan dokumentasi.Adapun tahap teknik analisis data dalam penelitian ini adalah (1) menghitung nilai rata-rata; (2) menghitung varians dan simpangan baku; (3) uji normalitas sebaran data; (4) uji homogenitas varians; dan (5) uji-t Berdasarkan tahap analisis data tersebut maka diperoleh: nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 80,75: 71,81. Varians dan simpangan baku kelas eksperimen adalah: 114,27 dan 10,69, sedangkan kelas kontrol 95,26 dan 9,79. Ujinormalitas kelas eksperimen adalah 5,15 dan kelas kontrol 4,42. Uji homogenitas varians terakhir kelas eksperimen dan kontrol adalah 1,19 dan hasil uji-t adalah 0,44.Hasil penelitian yang didapat adalah pelaksanaan strategi duta besar berpengaruh terhadap belajar IPS siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Tapaktuan. Hal ini dibuktikan berdasarkan analisis data di atas bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Sebaran data nilai tes akhir siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal berdasarkan taraf signifikan diperoleh X2hitung<X2tabel yaitu 5,15<7,81 dan 4,42<7,81. Untuk uji homogenitas Fhitung≥ Ftabel= 1,19 ≤ 1,92, maka varians data kelas eksperimen dan data kelas kontrol homogen. Hasil uji-t dalam pelaksanaan strategi duta besar berpengaruh terhadap belajar IPS siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Tapaktuan. Diperoleh uji-t yaitu thitung= 0,44 sedangkan >ttabel= 1,68, berarti bahwa thitung>ttabelatau 0,44>1,68. Dengan demikian sesuai kriteria pengujian, maka signifikan. Artinya penggunaan strategi duta besar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2000. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Djamarah, Saiful, Bahri, dan Zain, Aswar. 2006. Strategi Belajar Mengajar: PT Rineka Cipta
Djufri, dkk. 2016. Pedoman Penulisan Sripsi. Banda Aceh: Unsyiah.
Fathurrohman, Muhammad. 2016. Model-Model Pembelajaran. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Ginnis, Paul. 2008. Trik & Taktik Mengajar, Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas: PT Indeks.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Prawiradilaga, Dewi, Salma.2007. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sudjana.2005. Metode Statistika Bandung: Tarsito.
Suyono, dan Haryanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran: PT. Remaja Rosdakarya.
Sabri, Ahmad. 2010. Belajar Mengajar & Micro Teaching: PT. Ciputat Press.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0