STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE TERHADAP PENULISAN ESAI SEJARAH PADA SISWA KELAS XII IPA DI SMAN 1 SEULIMEUM

Edil Febriani, Mawardi ,, Herman R

Abstract


Penelitian yang berjudul “Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write terhadap Penulisan Esai Sejarah pada Siswa Kelas XII IPA di SMAN 1 Seulimeum” ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pembelajaran Think-Talk-Write sebagai salah satu strategi terhadap penulisan esai sejarah siswa kelas XII IPA di SMAN 1 Seulimeum. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA di SMAN 1 Seulimeum yang berjumlah 3 rombel dengan keseluruhan 65 siswa. Peneliti mengambil subjek pada kelas XII IPA 1 dengan jumlah 21 siswa yang terdiri dari 5 siswa dan 16 siswi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes berbentuk penugasan. Berdasarkan hasil analisis kemampuan siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis esai sejarah terdapat 14 dari 21 siswa (66,66%) sudah mampu dalam mengembangkan keterampilan menulis esai sejarah dengan baik. Selebihnya, 7 siswa (33,33%) belum mampu mengembangkan keterampilan menulis esai sejarah dengan baik. Jadi, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis esai sejarah sudah cukup baik, dilihat dari banyaknya siswa yang sudah mampu mengembangkan keterampilan menulis esai sejarah dengan baik, baik dari aspek kesesuaian isi dengan topik, aspek pola pengembangan paragraf, aspek struktur kalimat, dan aspek ejaan. Dengan demikian, strategi pembelajaran Think-Talk-Write efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis esai sejarah.


Full Text:

PDF

References


Tirtarahardja, Umar Dan S. L. La Sulo. 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Pt Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sabri, Ahmad. 2007. Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching. Ciputat: Quantum Teaching.

Yamin, Martinis Dan Bansu. 2012. Taktik Pengembangan Kemampuan Individual Siswa. Ciputat: Referensi (Gp Press Group).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D

J.Supranto, 2009. Statistik Teori Dan Aplikasi. Jakarta : Pt. Gelora Aksara Pratama

Emzir. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya Offet.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0