PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRTIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBING PROMPTING DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH KELAS VIII

Sabila Maratus Shaleha, Mawardi ,, Husaini .

Abstract


Penelitian yang berjudul “Pengembangan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan metode Probing Prompting di SMP Negeri 6 Banda Aceh kelas VIII” bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode Probing Prompting terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII/2yang berjumlah 26 siswa, yang terdiri dari 12 siswa dan 14 siswi, diambil berdasarkan referensi guru mata pelajaran IPS dikelas tersebut dengan pertimbangan kemampuan siswa di kelas tersebut yang heterogen sehingga memungkinkan untuk memperoleh data yang bervariasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Persentase rata-rata tiap tahapan kemampuan berpikir kritis, diperoleh hasil sebagai berikut. (a)  rata-rata aspek kemampuan memberikan penjelasan sederhana adalah 35,76% (b) rata-rata kemampuan keterampilan mengenal dan memecahkan masalah adalah 38,46% (c) rata-rata aspek kemampuan menarik kesimpulan adalah 34,61%. Maka dari data tersebut diperoleh persentase rata-rata kemampuan hasil tes berpikir kritis siswa pada materi munculnya pergerakan nasional Indonesia secara kesuluruhan yaitu 40%. Dengan demikian rata-rata kemampuan berpikir kitis siswa kelas VIII-2SMP Negeri 6 Banda Aceh tergolong dalam kategori rendah. (2) Tidak berpengaruhnya metode Probing Prompting terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 6 Banda Aceh disebebakan oleh beberapa faktor, yaitu. (a) guru belum optimal dalam mengelola proses pembelajaran sehingga waktu yang tersedia tidak mencukupi untuk semua langkah dalam proses pembelajaran (b) siswa tidak terbiasa mengerjakan soal analasis, sehingga soal yang diberikan dianggap terlalu tinggi untuk mereka.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bumi Aksara: Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. BumiAksara: Jakarta: RinekaCipta.

Hasratuddin. 2010. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritia Siswa SMP Melalui

Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal pendidikan Matematika Vol.

No.2 Desember 2010.

Rodial. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran dengan Strategi Metakognitif Self-Explantion. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidyatullah

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung.

Wulandari, Suci Retno. 2017. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Turunan Melalui Model Problem Based Learning di Kelas XI SMA Negeri Unggul Tunas Bangsa Aceh Barat Daya. Skripsi: Banda Aceh Universitas Syiah Kuala.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0