PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BROKENTRIANGLE (PECAHAN SEGITIGA) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPSSMA NEGERI 1 INGIN JAYA
Abstract
Tercapai atau tidaknya tujuan pendidikan yang direncanakan oleh seorang guru tidak bisa dilepaskan dari model pembelajaran yang diterapkan saat berlangsungnya proses belajar mengajar. Begitu juga dengan pembelajaran sejarah yang cenderung diajarkan dengan metode yang konvensional sehingga akan menghambat pencapaian tujuan intruksional guru. Untuk menghindari itu semua, perlu diadakan penerapa model pembelajaran yang lebih memotivasi belajar siswa salah satunya ialah model pembelajaran kooperatif tipe Broken Triangle (Pecahan Segitiga). Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Broken Triangle terhadap prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ingin Jaya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari 56 siswa yang terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengen pemberian tes. Analisa data dilakukan dengan uji homogenitas, normalitas dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Broken Triangleberpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah, dari hasil pengolahan data diperoleh nilai pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan dk= 54, maka hipotesis alternative diterima. Di kelas eksperimen terdapat 82,14 % siswa yang tuntas hasil belajarnya dan siswa yang tidak tuntas sebesar 17,85%, sedangkan di kelas kontrol terdapat 42,85% yang sudah tuntas hasilnya belajarnya dan 57,14%siswa tidak tuntas belajar. Sesuai dengan pengolahan data, diperoleh hasil uji-t yaitu thitung = 2,28 sedangkan >ttabel= 2,00, berarti thitung> ttabel atau 2,28> 2,00. Dengan demikian sesuai kriteria pengujian, maka H1diterima.
Full Text:
PDFReferences
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Nawawi, Hadari. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by
___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231
Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0