PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN HOLLYWOOD SQUARES TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 BAITUSSALAM

Munawarah , ., Zulfan , ., Nurasiah , .

Abstract


Penggunaan Strategi pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Agar siswa dapat terlibat aktif baik fisik, emosional, maupun intelektual, salah satunya ialah dengan penggunaan strategi pembelajaran Hollywood Squares. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Hollywood Squares Terhadap Keaktifan Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Baitussalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 Baitusalam yang berjumlah 40 siswa dan terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sampelnya adalah siswa kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data adalah analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, rata-rata tingkat keaktifan siswa yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Skor rata-rata kelas eksperimen adalah 79 dengan kecenderungan 79 ≥ 73.3 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi, sedangkan kelas kontrol adalah 59 dengan kecenderungan 60 > 59 ≥ 46.7 yang termasuk dalam kategori rendah berdasarkan tabel kategori keaktifan belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Hollywood Squares terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah. Faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar sejarah siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Hollywood Squares dalam pembelajaran Sejarah adalah (1) Adanya kesempatan kepada siswa sebagai individu untuk terlibat secara fisik, emosional dan intelektual, serta bekerja sama dalam kelompok. (2) Setiap siswa diberi kesempatan untuk mengajukan dan menjawab pertanyaan terkait materi pembelajaran dalam bentuk permainan. Sehingga siswa dapat mengingat dan memperkuat pemahaman terhadap materi pembelajaran dengan pengulangan kembali materi dalam bentuk tanya jawab.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dirgahayuning, Andri. 2017. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Hollywood Square Review untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Larutan Asam dan Basa di Kelas XI IPA 2 SMAN 5 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR. Vol. 5 No 2.

Eka Putri, Deni dkk. 2013. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Hollywood Squares Review Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X MAS Plus Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal JIM SKIP PGRI SUMBAR. Padang Ganting: STKIP PGRI SUMBAR.

Mardapi, Djemari. 2012. Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Silberman, Melvin L. 2017. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.

Tim Fokusmedia. 2015. Undang-Undang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Fokusmedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0