Analisis Perilaku Pergaulan Anak Remaja di Tinjau Dari Aspek Moralitas (Studi Fenomenologi)

Ali Taufik

Abstract


Penelitian ini berawal dari beberapa fenomena yang terjadi pada kehidupan kita dimana makin banyak  anak anak remaja kita atau siswa kita yang terjerumus pada pergaulan yang merugikan masa depan mereka,banyak diantara orangtua/Guru,sering terkecoh dengan prilaku mereka yang baik dan sopan serta dalam berkomunikasi selalu bertata krama. Dalam penelitian ini penulis mencoba mendalami,menelaah dan mengkaji baik secara teoriris ataupun secara empiris,dengan menggunakan analisis ilmiah yaitu secara kualitatif dengan studi fenenomenologi kemudian dalam pendekatan ini peneliti   memakai media wawancara/dialogis pada partisipan/informan,dokumentasi,serta analisis narasi,untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini.Dan penelitian ini dilakukan  di tempat domisili peneliti sendiri,sehingga peneliti sudah cukup lama mengenal dengan para informan /partisipan yang  menjadi sumber penelitian,.hasil yang dicapai dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang positif pada orang tua/Guru dalam menghadapi perilaku anak/siswa ,agar mereka dapat menjadi lebik baik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pe

ekatan,PT Rineka, Jakarta.

John, W, Creswell. (1998). Qualitatif Inquiri And Research Design:Choosing Among five Traditions. London: SAGE Publications.

König, J., Bremerich-Vos, A., Buchholtz, C., & Glutsch, N. (2020). General pedagogical knowledge, pedagogical adaptivity in written lesson plans, and instructional practic e among preservice teach ers. Journal of Curriculum Studies, 52(6), 800–822. https ://doi.org/10.1080/00220272.2020.1752804

Mathias, C. T., Mianda, S., & Ginindza, T. G. (2018). Evidence of the factors that influence the utilisation of Kangaroo Mother Care by parents with low-birth -weight infants in low- and middle-i ncome countries (LMICs): A sco ping review protocol. Systematic Revi ews, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/s13643-018-0714-9

Moustakas, Clarks. (1987) Phenomenological Research Methods, California,SAGE 1987.

Muin, Idianto. (2013). Ilmu Sosiologi, Jakarta: Erlangga.

Riseman, N. (2020). How my covid-19 disrupti on became my privileged boom time. Portal (Australia), 17(1–2), 73–78. https://doi.org/10.5130/pjmis. v17i1-2.7491

Sugiono. (2014) Metode PenelitianPendidikan Pendekatan Kantitatif ,Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung

Sugiono, (2012). Metode Penelitian kualitatif. Bandung,Alfabeta.

Sarwono Sarlito, W. (2013). Psikologi Remaja.Edisi revisi,Jakarta,Raja grafindo.

Soemanto, Wasty. (2012). Psikologi Pendidikan, Landasan Kerja PemimpinPendidikan.Jakarta Rineka Cipta.

Sulaiman, M. I. (1997). Sejarah Aceh: sebuah gu

gatan terhadap tradisi. Pustaka Sinar

Harapan.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v7i1.11124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah indexed by

sinta_logodoaj_logoDimensions_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah

E-ISSN 2614-3658
P-ISSN 2964-7231

Published by History Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala in collaboration with "Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se- Indonesia"
W :https://jim.unsyiah.ac.id/sejarah
E : jimsejarah@usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0