IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DI MAN 1 BANDA ACEH
Abstract
Struktur kurikulum merupakan konsep pengorganisasian dalam sistem belajar dan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru mengimplementasikan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Prakarya. Secara khusus penelitian bertujuan mengetahui tanggapan guru tentang penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Prakarya, mengetahui cara guru menerapkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Prakarya, mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam menerapkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran di MAN I Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 orang guru yang mengajar mata pelajaran Prakarya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan teknik analisis data. Berdasarkan hasil penelitian, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Pertama, kurikulum 2013 merupakan salah satu rancangan baru dari dinas pendidikan untuk memajukan mutu pendidikan. Penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Prakarya juga efektif dalam membentuk karakter siswa. Kedua, RPP disiapkan untuk memudahkan guru tersebut mengajar dan RPP yang disiapkan sesuai dengan kurikulum 2013. Ketiga, hambatan yang dihadapi ialah masih ada diantara siswa yang sulit memahami materi pelajaran dan latar belakang pendidikan guru yang berasal bukan dari mata pelajaran Prakarya. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang dirancang oleh pusat Dinas Pendidikan untuk memajukan mutu pendidikan melengkapi kekurangan kurikulum sebelumnya dalam proses pembelajaran, dan kurikulum ini mampu untuk membentuk karakteristik siswa. Latar belakang pendidikan guru juga harus sesuai dengan bidang pelajaran yang dijarkannya terhadap siswa.
ABSTRACT
The structure of curriculum costitutes the organization of concept and learning loads in the teaching and learning system. This study aimed to know how the teacher implement Curriculum 2013 on the Subject of Art Projects (Prakarya). In particular, this study aimed to (1) knowing the teacher’s responses about the implementation of Curriculum 2013 on the subject of Art Projects (Prakarya) at MAN 1 Banda Aceh, (2) Knowing the ways used by the teacher implementing Curriculum 2013 on the subject of Art Projects (Prakarya), (3) Knowing the obstacles faced by the teacher in implementing Curriculum 2013 on the subject. The approach which was used was descriptive qualitative, and the subject of this study was five teachers who teach the subject of Art Projects (Prakarya). In order to collect the data, the researcher used observation, interview, and data analysis technique. Based on the result of data analysis, the findings of this study can be described as follows. Firstly, Curriculum 2013 constitutes a new design made by the Ministry of Education to enhance the quality of education. The implementation of Curriculum 2013 on the subject of Art Projects (Prakarya) was also effective to form the students’ character. Secondly, the lesson plan was prepared in association with the Curriculum 2013 to facilitate the teachers in teaching. Thirdly, the obstacles found was there are some students find it difficult to understand the learning materials because the teachers’ educational background is from other subject. This study concluded that Curriculum 2013 was designed by the Ministry of Education to improve the quality of education, and this curriculum is able to shape the students’ character. Moreover, the teachers’ educational background must be relevant to what subject he or she teaches to the students in the class.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Awan. 2013. Pengantar Mapel Prakarya, (Online), https://awan965.files.wordpress.com
Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, (Online), http://bsnp-indonesia.org/id/?page_id=107/.
Bungin, Burhan.2010. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rasa Grafindo.
FKIP Unsyiah. 2016. Pedoman Penulis Skripsi. Banda Aceh.
Hamalik, Oemar. 2009. Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Margono, 2005. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyasa, 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Uno, Hamzah. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Nasution,S.2002. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito.
————.2006. Asas-asas kurikuum. Jakarta: Bumi Aksara
Muhammad, Nazir.2011. Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.
PP. No. 19. 2005. Standar Nasional Pendidikan. Pasal 28 Ayat 3.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. No. 18. 2007. Serifikasi Bagi Guru dalam Jabatan.
Rimang, Siti Suwadah.2011.Meraih Predikat Guru dan Dosen Paripurna. Bandung : Alfbeta.
Sudarwan, Danim. 2011. Pengembangan Profesi Guru: Dari Pra-Jabata, Induksi, ke Profesional Madani, Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana. 2001. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Bandung PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Metode Peneitian pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi, dkk. 2009. Profesi Keguruan: Berkomptensi dan Bersertifikat. Jakarta: Diadit Madia.
Suryabrata, Sumadi. 2006. Metodelogi penelitian.Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Sukmadinata, Nana Syaudih.2014. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Surabaya: Refika Aditama.
Susilo, Moh Joko. 2014. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
UU. RI. No. 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional.
UU. RI. No. 14. 2005. Guru dan Dosen.
Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum.
http//id.wikipedia.org/wiki/kurikulum 2013.
Refbacks
- There are currently no refbacks.