Hubungan Mata Kuliah Cipta Karya Dengan Minat Memasarkan Hasil Produk Karya Mahasiswa Prodi PKK FKIP di Universitas Syiah Kuala
Abstract
Mata kuliah cipta karya adalah mata kuliah pratikum, yang dirancang untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam membangun sikap mental dalam menciptakan produk serta melatih keterampilan dalam membangun untuk membuat ide yang kreatif. Oleh karena itu minat untuk memasarkan hasil produk cipta karya adalah kecendrungan sifat pada diri seseorang terhadap suatu obyek yang mempunyai ketertarikan serta dorongan yang melatar belakangi untuk melakukan sesuatu ataupun keinginan dalam individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengeindentifikasi mata kuliah cipta karya dan mengetahui minat memasarkan hasil produk karya mahasiswa serta menganalisis hubungan mata kuliah cipta karya dengan minat memasarkan hasil produk karya mahasiswa PRODI PKK FKIP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini mahasiswa PRODI PKK Angkatan 2020 dengan jumlah responden 88 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar mahasiswa memiliki pemahaman mata kuliah cipta karya dengan katagori sedang (73,9%), dan yang memiliki minat memasarkan hasil produk dengan katagori sedang (68,2%). Hasil Analisis korelasi antara hubungan mata kuliah cipta karya dengan minat memasarkan hasil produk karya mahasiswa PRODI PKK FKIP Di Universitas Syiah Kuala adalah dengan nilai yaitu – 0,169 > 0,05 yang berarti tidak berkorelasi, memiliki arti Ho diterima dan Ha ditolak, maksudnya tidak ada hubungan antara mata kuliah cipta karya dengan minat memasarkan hasil produk karya mahasiswa.
Kata Kunci: Hubungan, Mata Kuliah Cipta Karya, Minat Memasarkan Hasil Produk
Full Text:
PDFReferences
Aldi, F. P. (2020). Hubungan Hasil Belajar Mata Kuliah Kewirausahaan Dengan Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Akutansi FKIP UIR. [Skripsi Universitas Islam Riau], Pekanbaru.
Amanina, C. A., Fadhilah, F., Nurbaiti, N., Novita, N., & Prayudha, A. R. (2024). Strategi Pengembangan Usaha UMKM Bidang Fashion Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 9(3), 46–59.
Ariyanti, A. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Mental Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(2), 95. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i2.199
Ayu, D. A., & Zulkarnaen, M. (2019). Pengaruh Minat Usaha dan Motivasi Usaha terhadap Keberhasilan Usaha Wirausaha Muda di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 168–178. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jseb/article/view/1413/1147
Ruswati, I. (2018). Faktor Eksternal Dan Faktor Internal Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Smk Yayasan Pendidikan Islam Darussalam Cerme Gresik. Jurnal Riset Entrepreneurship, 1(2), 38. https://doi.org/10.30587/jre.v1i2.415
Yohana Tiu, Hildigardis M.I Nahak, & Chistine, E. M. (2023). Hubungan Antara Mata Kuliah Kewirausahaan Dengan Minat Berwirausaha Mahasiswa Angkatan 2019, Program Studi Sosiologi, Fakultas ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Nusa Cendana.
DOI: https://doi.org/10.24815/jimpkk.v10i1.33419
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.