STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA UMKM BIDANG FASHION KECAMATAN MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA

Cut Aida Amanina, Fadhilah Fadhilah, Nurbaiti Nurbaiti, Novita Novita, Agung Rorhi Prayudha

Abstract


ABSTRAK

UMKM merupakan salah satu solusi dari permasalahan ekonomi di Indonesia yang tidak stabil. UMKM menciptakan lapangan kerja bagi pelaku usaha dan juga bagi masyarakat sekitar sebagai pekerja disebuah usaha UMKM khususnya di daerah Aceh. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan usaha UMKM di Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh utara dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan bagaimana pengelolaan UMKM bidang fashion di Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara khususnya produk-produk kerajinan Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 (tiga) orang pelaku usaha yang merupakan pemilik usaha UMKM bidang fashion di Kecamatan Muara Batu Kaupaten Aceh Utara. Hasil penelitian menunjukkan produk yang dihasilkan oleh UMKM Kecamatan Muara Batu diantaranya tas, dompet, sarung dan baju. Strategi pengelolaan usaha yang dilakukan yaitu memilih sumber daya manusia yang berbakat, memilih bahan yang berkualitas, mendesain Produk, menjahit produk dan melakukan pemasaran. Proses pengembangan usaha dilakukan dengan (1) Menciptakan produk-produk yang inovatif mengikuti permintaan konsumen atau pelanggan dan mengikuti trand pada waktunya. (2) berkolaborasi atau berkerja sama dengan pihak tertentu yang membantu dari pembuatan produk hingga pemasaran. (3) mengikuti ajang pameran sehingga produk UMKM di Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara tidak dikenal disatu daerah saja, tetapi juga dikenal sampai luar daerah. (4) memanfaatkan media sosial dalam melakukan promosi produk-produknya.

Kata kunci : Strategi, UMKM, Fashion

Full Text:

PDF

References


Aakko, M., & Niinimäki, K. (2018). Fashion Designers as Entrepreneurs: Challenges and Advantages of Micro-size Companies. Fashion Practice, 10(3), 354–380. https://doi.org/10.1080/17569370.2018.1507148

Bismala, L. (2017). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 5(1), 19–26. https://doi.org/10.37715/jee.v5i1.383

David, F.R. (2009). Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat.

Hamid, E. S., & Susilo, Y. S. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta*. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi Dan Pembangunan, 12(1), 45. https://doi.org/10.23917/jep.v12i1.204

Martinus, J., Jiwandaningtyas, M. E., Firmansyah, A., & Andriani, A. F. (2021). Penghindaran Pajak Pada Industi Barang Konsumsi di Indonesia Sebelum Era Pandemi Covid19: Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas. Educoretax, 1(4), 291–300. https://doi.org/10.54957/educoretax.v1i4.118

Mira Veranita, Yuda Syahidin, Gunardi, & Eki Dudi Darmawan. (2021). Pemanfaatan Promosi Melalui Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Kefir Pada UMKM Dapur Kefir Bandung. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 145–159. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.513

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : IKAPI

Tiktik Sartika Partomo, Abd. Rachman Soejoedono (2002). Ekonomi Skala Kecil/ Menengah dan Koperasi. Bogor. Ghalia Indonesia.

Wijoyo, H., Ariyanto, A., & Wongso,

F. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimpkk.v9i3.31996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.