STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA UMKM BIDANG FASHION KECAMATAN MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA
Abstract
ABSTRAK
UMKM merupakan salah satu solusi dari permasalahan ekonomi di Indonesia yang tidak stabil. UMKM menciptakan lapangan kerja bagi pelaku usaha dan juga bagi masyarakat sekitar sebagai pekerja disebuah usaha UMKM khususnya di daerah Aceh. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan usaha UMKM di Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh utara dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan bagaimana pengelolaan UMKM bidang fashion di Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara khususnya produk-produk kerajinan Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 (tiga) orang pelaku usaha yang merupakan pemilik usaha UMKM bidang fashion di Kecamatan Muara Batu Kaupaten Aceh Utara. Hasil penelitian menunjukkan produk yang dihasilkan oleh UMKM Kecamatan Muara Batu diantaranya tas, dompet, sarung dan baju. Strategi pengelolaan usaha yang dilakukan yaitu memilih sumber daya manusia yang berbakat, memilih bahan yang berkualitas, mendesain Produk, menjahit produk dan melakukan pemasaran. Proses pengembangan usaha dilakukan dengan (1) Menciptakan produk-produk yang inovatif mengikuti permintaan konsumen atau pelanggan dan mengikuti trand pada waktunya. (2) berkolaborasi atau berkerja sama dengan pihak tertentu yang membantu dari pembuatan produk hingga pemasaran. (3) mengikuti ajang pameran sehingga produk UMKM di Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara tidak dikenal disatu daerah saja, tetapi juga dikenal sampai luar daerah. (4) memanfaatkan media sosial dalam melakukan promosi produk-produknya.
Kata kunci : Strategi, UMKM, FashionFull Text:
PDFReferences
Aakko, M., & Niinimäki, K. (2018). Fashion Designers as Entrepreneurs: Challenges and Advantages of Micro-size Companies. Fashion Practice, 10(3), 354–380. https://doi.org/10.1080/17569370.2018.1507148
Bismala, L. (2017). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 5(1), 19–26. https://doi.org/10.37715/jee.v5i1.383
David, F.R. (2009). Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat.
Hamid, E. S., & Susilo, Y. S. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta*. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi Dan Pembangunan, 12(1), 45. https://doi.org/10.23917/jep.v12i1.204
Martinus, J., Jiwandaningtyas, M. E., Firmansyah, A., & Andriani, A. F. (2021). Penghindaran Pajak Pada Industi Barang Konsumsi di Indonesia Sebelum Era Pandemi Covid19: Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas. Educoretax, 1(4), 291–300. https://doi.org/10.54957/educoretax.v1i4.118
Mira Veranita, Yuda Syahidin, Gunardi, & Eki Dudi Darmawan. (2021). Pemanfaatan Promosi Melalui Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Kefir Pada UMKM Dapur Kefir Bandung. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 145–159. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.513
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : IKAPI
Tiktik Sartika Partomo, Abd. Rachman Soejoedono (2002). Ekonomi Skala Kecil/ Menengah dan Koperasi. Bogor. Ghalia Indonesia.
Wijoyo, H., Ariyanto, A., & Wongso,
F. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.
DOI: https://doi.org/10.24815/jimpkk.v9i3.31996
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.