PERSEPSI MAHASISWA PRODI PKK FKIP USK TERHADAP PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

Ikrama IR, Fadhilah Fadhilah, Rifqi Akmal, Nurbaiti Nurbaiti, Rosmala Dewi

Abstract


Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan salah satu  kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Nadiem Makarim yang memberikan kebijakan Perguruan Tinggi untuk memberikan hak belajar di luar program studi. penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis persepsi mahasiswa  PRODI PKK FKIP USK terhadap program  MBKM yang terdiri dari Kampus Mengajar, Pertukaran  Mahasiswa Merdeka dan MBKM USK Unggul. Mengidentifikasi pengaruh keberhasilan dan tantangan yang dihadapi dalam implementasi program. Menganalisis keberhasilan  Implementasi MBKM terhadap kompetensi Mahasiswa PRODI PKK FKIP. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendikaan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Responden pada penelitian ini terdiri dari 38 orang mahasiswa PKK FKIP USK yang sudah mengikuti Program MBKM. Terdiri dari program MKBM- Kampus Mengajar (MBKM-KM), MBKM-Pertukaran Mahasiswa Merdeka (MBKM-PMM) dan MBKM-USK Unggul. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, Kepustakaan Wawancara dan angket. Analisis data dari hasil wawancara dan angket diolah mengunakan analisis secara reduksi dan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa responden sangat setuju dengan adanya program MBKM terlihat dari ketertarikan mahasiswa PKK FKIP USK terhadap program MBKM, setelah mengikuti program MBKM mahasiswa mereka bisa berfikir kritis dalam mengambil suatu keputusan, MBKM meberikan jaringan komunikasi lebih luas. mahasiswa PKK FKIP USK merasa berutung mengikuti program MBKM.

 

Kata kunci : MBKM, MBKM-KM, MBKM-PMM, dan MBKM USK Unggul

             


Full Text:

PDF

References


Jalaluddin Rakhmat. (2008). Psikologi Komunikasi.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sumardi Suryabrata. (2013). Psikologi Pendidikan.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sarlito W. Sarwono. (2010). Pengantar Psikologi Umum.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41.

Nizam. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Derektorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Nizam. (2022). Panduan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jakarta: Tim Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka .

Nizam.(2021). Buku Panduan Kampus Mengajar. Jakarta: SubPokja Kampus Mengajar.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimpkk.v9i3.31816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.