DESAIN MOTIF KERAWANG GAYO PADA SERAGAM SEKOLAH

Nurul Ilmi, Fadhilah Fadhilah, Nurbaiti Nurbaiti, Siti Maryam, Fitriana Fitriana

Abstract


Peraturan penggunaan seragam khas sekolah dan seragam pakaian adat ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan menumbuhkan nasionalisme dan saling menghargai diantara peserta didik. Oleh karena itu peneliti membuat pengembangan desain pada seragam sekolah yang dipadukan dengan motif kerawang Gayo yang merupakan motif khas suku Gayo yang perlu dilestarikan. Tujuan dari dari penelitian ini adalah mendesain motif kerawang pada seragam sekolah SMU/sederajat, menganalisis model, bahan dan kenyamanan seragam sekolah serta mengetahui ketertarikan guru dan siswa/i SMU terhadap desain seragam sekolah. Penelitian ini menggunakan motode eksperimen terapan, pendekatan kualitatif dengan teknik purposive sampling yang melibatkan 4 orang siswa/i serta 3 guru MAN 3 Banda Aceh. Pengumpulan data diambil melalui studi kepustakaan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Perpaduan desain motif kerawang pada setiap desain sudah sesuai; 2) Desain model I sudah sesuai warna dan motifnya, namun untuk modelnya tidak sesuai untuk sekolah yang berada didaerah dengan cuaca panas. Desain model II untuk model, warna, bahan dan kenyamanannya sudah sangat sesuai. Desain model III dan IV sederhana namun model dan bahannya cocok dan nyaman digunakan oleh peserta didik dengan aktivitas yang sangat padat; 3) Desain model yang paling menarik bagi responden adalah desain model II karena perpaduan model vest dan kemeja sangat cocok digunakan untuk kegiatan formal, perpaduan warna navy dan baby blue memberikan kesan yang elegan, detail motif yang digunakan juga dianggap sangat pas karena tidak berlebihan ditambah menggunakan bahan katun dan polyster sehingga siswa/i yang akan menggunakan model seragam seperti ini tidak akan merasa gerah serta tidak menghambat aktivitasnya sebagai pelajar yang aktif.

Kata Kunci : Desain, Motif Kerawang Gayo, Seragam Sekolah


Full Text:

PDF

References


Habsari, Sri. Bimbingan dan Konseling SMA untuk Kelas X. Jakarta : Penerbit Grasindo.

Hermawan, Iwan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan kuantitatif, kualitatif, & Mix Method. Kuningan : Penerbit Hidayatul Qur’an Kuningan.

Indonesia. (2022). Undang-Undang

Nomor 50 tahun 2022 tentang Seragam Sekolah bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Lembaran Negara RI Tahun 2022, No. 893. Sekretariat Negara. Jakarta.

Joni,dkk. (2017). Kerawang Gayo.

Tangerang : Mahara Publishing.

Nurjannah, N., Mukhirah, & Fitriana, F. (2022). Kreasi Desain Tekstil Kerawang Gayo Pada Sarung Bantal Hias. Jurnal Busana & Budaya, 2(1), 152–165.

Ulva, N., Ahmad, A., & Fitriana, F. (2020). Sikap siswa dalam penggunaan seragam sekolah di SMP Negeri 13 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 5(3), 37–50. https://jim.usk.ac.id/pkk/article/view/15982/pdf

Verra Zahara, S., & Mukhirah, F. (2018). Daya Tarik Wisatawan pada Produk Kerajinan Bordir Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 3(1).

Wiranty, D., & Dewi, R. (2022). Penerapan Desain Motif Kerawang Gayo Pada Hijab Print. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 7(2), 28–37.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimpkk.v9i3.31805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.