PENERAPAN PENGETAHUAN BUSANA PADA PENAMPILAN DIRI MAHASISWA TATA BUSANA YANG TIDAK SESUAI DENGAN ATURAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Siti Aisyah, Fitriana Fitriana, Rahmi Rahmi, Rosmala Dewi, Nurbaiti Nurbaiti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan busana terhadap penampilan diri di lingkungan kampus. Studi ini difokuskan pada bagaimana mahasiswa jurusan Tata Busana FKIP Universitas Syiah Kuala dalam memilih, memadukan, dan menginterpretasikan busana sehari-hari ke kampus. Analisis persepsi mahasiswa tentang pentingnya penampilan dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mereka dalam memilih busana dalam konteks akademis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam terhadap 5 responden yang memenuhi kriteria topik penelitian. Dari hasil survei, diketahui bahwa meskipun kelima responden sudah mengetahui peratuan berpenampilan ke Kampus, namun kesadaran mereka untuk mematuhinya masih kurang. Faktor yang memengaruhi cara kelima responden dalam memilih busana ke kampus dipengaruhi oleh faktor internal yaitu kepribadiannya sendiri. Namun, salah satu diantara mereka merasa faktor eksternal seperti media sosial juga dapat memengaruhi cara ia dalam memilih busana yang ingin dikenakan. Kemudian, mengenai penggunaan pelengkap busana bagi kelima responden lebih memilih menggunakan pelengkap yang lebih sederhana. Disimpulkan bahwa mayoritas dari mereka lebih memilih busana yang nyaman dikenakan daripada mengikuti sesuai dengan aturan etika tertentu. Namun, responden juga menyadari pentingnya berbusana sesuai dengan norma sosial dan nilai-nilai yang berlaku. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemilihan busana mahasiswa tidak hanya dipengaruhi oleh kenyaman fisik tetapi juga pertimbangan etika yang berlaku pada lingkungan kampus.

Kata kunci: pengetahuan busana, penampilan diri, mahasiswa Tata Busana FKIP Univeristas Syiah Kuala


Full Text:

PDF

References


Adawiah, R. (2022). Hubungan pengetahuan busana dengan etika berbusana pada mahasiswi. 8(02), 140–148.

Adbussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.

Alifuddin, M. (2014). Etika Berbusana dalam Perspektif Islam Etika Berbusana dalam Perspektif Agama Dan Budaya. Jurnal Shautut Tarbiyah, 1(1), 80–89.

Aria Mulyapradana, Ary Dwi Anjarini, Luthfiatul Khamidah, & Aria Elshifa. (2022). Implementasi Manajemen Penampilan Diri Melalui Pelatihan Beauty Class Bagi Calon Tenaga Administrasi Perkantoran. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 47–51. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.805

Baniaji, Y. S. (2018). Kreativitas Mahasiswa Tata Busana Dalam Penggunaan Busana Kuliah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 32(1), 63–72.

Elvera, R. S. (2020). Kontribusi Pengetahuan Busana Terhadap Peningkatan Kualitas Berbusana Mahasiswa Untuk Mengatasi Mismatched Dress. Jurnal Teknik Busana, 10(1).

Ernawati, dkk. (2021). Tata Busana. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Fajria, S. (2013). Hubungan Pengetahuan Busana Dengan Penampilan Berbusana Ke Kampus Mahasiswa Tata Busana Jurusan Kesejahteraan Keluarga FT UNP. Journal of the American Chemical Society, 123(10), 2176–2181.

Farahiyah, N. (2018). ETIKA BERBUSANA (STUDI KONTEMPORER ANTARA ISLAM DAN KRISTEN). 118.

Hardani, D. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Hawa, E. (2013). Pengaruh Pengetahuan Busana Dan Etika Berbusana Terhadap Penampilan Di Kampus Pada Mahasiswa Pkk S1 Tata Busana Angkatan 2011 Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Fashion and Fashion Education Journal, 2(1), 32–36.

Johnson, K. K. P., Lennon, S. J., & Rudd, N. A. (2014). Jewelry as a Form of Packaging Communication: The Effects of Jewelry Product Attributes on Consumer Response. Journal of Retailing and Consumer Services, 21(3), 456–466.

Kim, J. dan Lennon, S. J. (2010). Accessories and the Fashion Image: Understanding the Role of Accessories in Consumer Dress. 2010.

Lee, & K. (2024). The Role of Fashion Knowledge and Practical Skills in College Students’ Self-Presentation. Journal of Fashion Psychology.

Nikmah, D. N. (2019). Hubungan Sikap Ilmiah, Kebebasan Akademik, dan Etika Akademik dengan Budaya Akademik Mahasiswa. Ilmu Pendidikan; Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 4(1), 29–44.

Nina Ari Purnama, Fikriah Noer, F. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Busana Mahasiswa FKIP Unsyiah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 3(4), 27–38. https://jim.unsyiah.ac.id/pkk/article/view/11946

Sakinah, N., & Nanda, M. (2022). Trend Fashion di Kalangan Mahasiswa-Mahasiswi Universitas Negeri Surabaya. Universitas Negeri Surabaya, 2022, 32. https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/sniis/article/view/37

Salawaney, S., & Karyaningsih, E. W. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Busana Pada Mahasiswi Maluku Tenggara Di Yogyakarta. KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 1(1).

Wahyuwidowati, N. S., Nugroho, W. B., & Kebayantini, N. L. N. (2019). Makna Penggunaan Make Up sebagai Identitas Cantik (Studi pada Mahasiswa FISIP Universitas Udayana). Jurnal Ilmiah Sosiologi (SOROT), 1(2), 1–7.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimpkk.v9i3.31512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.