ANALISIS PERBEDAAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP ISIAN SIOPAO KUKUS DI SEKTOR BARAT KOPELMA DARUSSALAM

Sahyani ., Indani ., Yuli Heirina Hamid, Laili Suhairi, Nurul Faudiah

Abstract


Kecamatan Syiah Kuala adalah salah satu wilayah yang menjadi pusat kegiatan masyarakat dan mahasiswa diantaranya para pedagang di kaki lima, banyak pedagang yang berjualan di sepanjang jalan Kopelma Darussalam, salah satunya siopao kukus. Siopao adalah makanan khas China yang sangat digemari, tersaji dalam beragam varian isian seperti coklat, kacang merah, kacang hijau, dan kelapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan preferensi konsumen terhadap isian siopao kukus di kopelma Darussalam kota Banda Aceh, dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih preferensi serta aspek yang melekat pada siopao. Jenis penelitian adalah deskriptif dan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data terdiri dari: pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan accidental sampling dengan jumlah 30 responden cara pengumpulan data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan aspek produk siopao isian coklat adalah varian yang paling banyak diminati dan disukai yaitu sebesar 67% dari pada isian lainya, artinya preferensi konsumen pada isian siopao terdapat perbedaan preferensi terhadap produk siopao, faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen lainya seperti faktor harga 67% konsumen memilih suka, faktor lokasi 60% konsumen memilih netral, faktor pelayanan 60% konsumen memilih sangat suka. Dari hasil penelitian produk siopao kukus di kopelma Darussalam adalah siopao isian coklat dan aspek kepentingan harga, lokasi/lokasi dan pelayanan yang menjadi preferensi konsumen.

 

Kata Kunci: Preferensi konsumen, Isian, Siopao

 


Full Text:

PDF

References


Ananto. (2012). Aneka Variasi Bakpao. Depok. PT AgroMedia Pustaka

Asep Khoerudin, Aji Hamim Wigena, Anang Kurnia. (2012). Analissi Tingkat Preferensi Konsumen Terhadap Metode

Bayesian Network (Studi Kasus Produk Biskuit). BIAStastistika, 6 (1). 28-44.

Azis hendradi. (2012). Peluang Bisnis Bakpao. Amikom Yogyakarta.

Cahya. (2014). Character Pao Charpao: bakpao lezat dengan berbagai bentuk karakter. Tiara Aksara.

Djam dan Ann. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta

Gislen. (2013). Essential of Profesional Cooking. New Jersey.

Kotler. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran. PT Gelora Aksara.

Oktaviani. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Seseorang Dalam Keputusan Pembelian. Gramedia.

Owais Khawaja. (2017, Mei 31). Google. Penjelasan Ahli Jantung Tentang.

https://www-pikiran-- rakyat- com.cdn.ampproject.org/ v/s/www.pikiran-rakyat

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimpkk.v8i3.29263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.