Gaya Berbusana dengan Produk Shirt Extender untuk Remaja Putri Kota Banda Aceh
Abstract
Gaya berbusana mampu mempresentasikan karakter dan kepribadian pemakainya. Penampilan seseorang dapat ditunjang dengan pemilihan pelengkap busana yang baik. Tujuan utama mengenakan pelengkap busana adalah untuk memperbaiki penampilan pribadi seseorang. Dalam, pergaulan di tengah masyarakat sudah tidak memandang etika atau kesopanan, terutama dalam tata cara berbusana. Banyak remaja yang mengikuti trend mode busana yang tidak beretika. Tanpa disadari banyak hal yang dapat mempengaruhi cara berbusana. Menjadikan produk shirt extender sebagai salah satu pelengkap busana guna membantu memperbaiki gaya berbusana menjadi lebih sopan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis desain shirt extender bagi remaja putri, (2) Langkah-langkah proses pembuatan produk shirt extender bagi remaja putri, (3) Mengetahui tanggapan remaja putri dan fashion designer tentang gaya berbusana dengan produk shirt extender. Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka metode yang akan digunakan metode eksperimen terapan dengan analisis kualitatif. Pada penelitian ini yang menjadi subjek adalah 10 orang responden yaitu: 8 remaja usia 15-21 tahun, dan 2 orang paham fashion/fashion designer. Sedangkan objek penelitian yaitu produk shirt extender. Peneliti menggunakan 4 teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi, dan eksperimen. Hasil penelitian menciptakan 3 model shirt extender. Langkah-langkah pembuatan produk shirt extender yaitu: mendesain produk, menyiapkan alat dan bahan, membuat pola, menggunting pola, menjiplak pola pada kain, menggunting kain sesuai dengan pola, menjahit dan penyelesaian. Tanggapan responden terhadap produk shirt extender, yaitu dapat menjadi salah satu produk pelengkap untuk remaja putri dalam mengikuti trend fashion agar tetap sopan. Saran dari responden agar model dan size dari produk shirt extender ini dapat lebih variatif.
Kata Kunci: Gaya berbusana, Shirt Extender, Remaja Putri
Full Text:
PDFReferences
Firmansyah Anang. (2019). Pemasaran Produk Dan Merk. Yogyakarta: Qiara Media
Hardani, H. A., Ustiawaty, J., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sykmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Buku metode penelitian kualitatif &
kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.
Mukhirah dan Nurbaiti. (2018). Dasar Seni dan Desain, Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, (https://ebooks.gramedia.com/id
/buku/dasar-seni-dan-desain).
Nina Surtiretna. (1997). Anggun Berjilbab, Bandung: Mizan.
Qanun Provinsi Aceh Nomor 11 Tahun 2002 tentang Pelaksanaan Syariat Islam Bidang Aqidah. Ibadah dan Syiar Islam pada Bab V Pasal 13 Ayat 1 dan 2.
Raihan, C. L. (2019). Pemanfaatan Kain Perca Pada Pembuatan Travel Sewing Kit. ETD Universitas Syiah Kuala.
Wahyuni, A.D. (2021). Administrasi Tugas Akhir Skripsi Dalam Penentuan Kelulusan Mahasiswa IAIN Madura (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA).
Wardani dan Aris Triyono. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
DOI: https://doi.org/10.24815/jimpkk.v8i2.25101
Refbacks
- There are currently no refbacks.