ATENSI REMAJA TERHADAP TAS MOTIF KHAS ACEH

Camelia Raihan, Rosmala Dewi, Fitriana .

Abstract


Rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis- jenis tas yang digunakan pada produk motif khas Aceh yang telah beredar di pasar, bagaimana persepsi dan faktor-faktor   yang   mempengaruhi   atensi   remaja terhadap tas motif khas Aceh yang sudah beredar di pasar, membuat kreasi tas motif khas Aceh yang diminati oleh remaja berdasarkan pengamatan penggunaan tas remaja masa kini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan angket. Populasi pada penelitian ini adalah remaja yang diwakilkan oleh mahasiswi Universitas Syiah Kuala angkatan 2018sejumlah 4480 serta sampel sejumlah 323 mahasiswi dengan menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Teknik analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis skala likert dan distribusi frekuensi. Hasil penelitian terhadap beberapa   toko   di   Kota   Banda   Aceh, tas   motif   khas   Aceh memiliki   berbagai   macam   jenis,   diantaranya    tas   jenis    duffle bag, backpack, sling bag, tote bag, hand bag, dan clutch. Tas motif khas Aceh yang beredar di  pasar memiliki kombinasi warna, motif dan bentuk yang tergolong monoton atau   tidak mengikuti   perkembangan yang sesuai untuk usia remaja.   Persepsi   dan   faktor yang mempengaruhi atensi remaja terhadap tas motif khas Aceh yang beredar di pasar tergolong dalam kategori   “suka”   dan “kurang suka”, remaja menyukai tas jenis sling bag serta menunjukkan sedikit minat terhadap tas motif khas Aceh dengan jenis tote bag, faktor warna dan bentuk    sangat    berpengaruh    terhadap    atensi remaja pada tas motif khas Aceh. Pembuatan   kreasi   tas   motif   khas   Aceh   yang diminati   remaja   menunjukkan bahwa sebagian   besar   remaja   “sangat   suka”   dan “suka” terhadap kreasi tas motif khas Aceh hasil rancangan peneliti.

 

 Kata kunci : Atensi Remaja, Tas Motif Khas Aceh


Full Text:

PDF

References


Ali, Faisal. 2013. Identitas Aceh Dalam Perspektif Syariat Dan Adat. Banda Aceh: Badan Arsip Dan Perpustakaan Aceh

M. Andika Saputra, Fitriana & Novita. 2018. Makna Simbolis Ragam HiasTradisional Pada Rumah Adat Kabupaten Aceh Selatan di PKA Ratu Safiatuddin. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Vol 3. No 3

Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.1 50106

Putri, Ramadhani. (2021). Kreasi Tas Ulos Dalam Meningkatkan Minat Remaja Terhadap Tenunan Tradisional Di Era Globalisasi. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala], Banda Aceh.

Rahmi,Rosmala Dewi, Nurasiah, Fitriana, Abdu Azis. 2021. Concept Analysis: Acehnese Ethnic Style Party Fashion Design. Internasional Journal of Multicultural and Multirelegious Understanding. Vol.8. No.10, 276-284.

https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/3056/2634

Rosnidar. 2016. Penerapan Motif Aceh pada Kerajinan Bordir di Desa Lamnga Kecamatan Montasik Aceh Besar. Skripsi, FKIP Universitas Syiah Kuala.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Verra Zahara, S, Mukhirah & Fitriana. 2018. Daya Tarik Wisatawan pada Poduk Kerajina Bordir Aceh.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.Vol.3.No.1 http://jim.unsyiah.ac.id/pkk/article/vi ew/15693/pdf




DOI: https://doi.org/10.24815/jimpkk.v8i1.24124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.