APLIKASI ANYAMAN DAUN PANDAN KHAS ACEH TIMUR UNTUK PRODUK BUSANA

Maulid Sarah, Novita ., Fitriana .

Abstract


Anyaman daun pandan banyak diproduksi di daerah Aceh Timur. Pekerjaan ini dilakukan oleh kaum wanita yaitu ibu rumah tangga dan wanita usia lanjut, dengan membentuk kelompok-kelompok hingga menjadi kelompok pengrajin. Pengembangan anyaman daun pandan dalam bentuk tikar sudah begitu banyak sehingga menarik minat peneliti untuk melakukan pengembangan lebih lanjut. Pengaplikasian anyaman daun pandan khas Aceh Timur adalah merupakan bentuk pengembangan kerajinan khas Aceh Timur kedalam produk busana dan wujud mempertahankan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk  menganalisis jenis anyaman daun pandan khas Aceh Timur, mendesain produk busana dengan pengaplikasian anyaman daun pandan khas Aceh Timur, mengaplikasikan anyaman daun pandan khas Aceh Timur pada produk busana sebagai pegembangan kerajinan daerah. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen terapan dan pendekatan kualitatif, subjek dalam penelitian ini mendesain produk busana yang diaplikasikan anyaman daun pandan khas Aceh Timur serta mengkontruksikannya dalam produk busana dengan aplikasi anyaman daun pandan khas Aceh Timur, anyaman diaplikasikan pada bagian tengah muka, pada kedua bagian lengan dan pada bagian kepala. Hasil penelitian yaitu menganalisi motif anyaman daun pandan khas Aceh Timur, mendesain 4 model busana dengan aplikasi anyaman daun pandan, dan produk busana dengan aplikasi anyaman daun pandan yang dapat dilepas dan dipasang sehingga memudahkan dalam proses pemeliharaannya, bahan yang digunakanan untuk produk busana yaitu findy silk dan organza.

 

 

 

 

Kata Kunci : Busana, anyaman daun pandan


Full Text:

PDF

References


Cahyana, A dan Sukayasa, K.W. 2009. Kajian Karakteristik Bahan Baku dan Proses Produksi Kriya Tradisional Anyaman di Tasik Malaya Jawa Barat.

Kamaril, Cut, dkk. 2002. Pendidikan Seni Rupa/Tangan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hokianti, E. P., dan Sari Yuningsih. 2021. Eksplorasi Teknik Sulam pada Permukaan Anyaman Pandan Tasik Malaya. Jurnal Seni Rupa dan Desain. Vol 24 No.2. https://journal.isi.ac.id/index.php/ars/article/view/5067.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmi; Rosmala Dewi; Nurasiah; Fitriana; Abdul Aziz. 2021. Concept Analisys: Acehnese Ethnic Style Party Fashion Desain. International Journal of Multicultural and Multyrelegious Understanding. Volume 8. No. 10.https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/3056

Rizal Yani. Dkk. (2020). Pendampingan Pengembangan Desain Dan Manajemen Usaha Produk Kerajinan Anyaman Pandan Di Desa Alue Dua Muka Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur: Global Science Society, 2(2), 434-446.

Rosmala Dewi. Fitriana, Nurul Faudiah, Yuli Heirina Hamid. 2018. Pengelolaan Sumberdaya Keluarga. Buku Ajar. Syiah Kuala University Press. https://books.google.co.id/books?id=RpDPDwAAQBAJ&printsec=frontcover&s

Tari Riski Ananda. 2015. Motif dan Bentuk Kerajinan Anyaman Pandan di Gampong Matang Gleum Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.