APLIKASI SULAMAN BENANG PADA BUSANA CASUAL WANITA

Afra Nabila Irda, Fitriana ., Rosmala Dewi

Abstract


Sulaman merupakan suatu kerajinan yang berbentuk gambar atau pola di atas kain yang dilakukan dengan tangan dan jarum. Sulam benang dapat diaplikasikan pada berbagai macam benda, selain busana. Namun, pada era modern ini keterampilan menyulam sudah jarang diaplikasikan pada busana wanita khususnya di Aceh. Tujuan penelitian adalah Mendesain, menentukan motif dan jenis sulaman yang sesuai pada busana casual wanita, Mengaplikasikan dan mengembangkan sulaman benang pada busana casual wanita, dan Mengetahui daya tarik kalangan wanita muda terhadap pengaplikasian teknik sulaman pada busana casual wanita. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen terapan dan metode kuantitatif. Untuk mengetahui tentang ketertarikan konsumen terhadap busana casual wanita dibutuhkan mahasiswi PKK Tata Busana Angkatan 2017, 2018, dan 2019 sebagai sampel sebanyak 76 orang. Hasil penelitian telah mendesain dua model busana casual wanita, pada eksperimen model pertama memiliki model baju tunik, mengaplikasikan tusuk hias rantai, tusuk ikatan perancis, tusuk buhul, tusuk flanel tertutup dengan penerapan sulaman terdapat pada bagian bawah baju dan ban lengan, dan daya tarik konsumen menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen sangat menyukai, sebagian kecil menyukai dan sebagian kecil lainnya kurang menyukai. Pada eksperimen model kedua memiliki model blus belahan kancing depan, mengaplikasikan tusuk hias tulang daun, tusuk tangkai, tusuk rantai berganda, tusuk ikatan perancis, tusuk tikam jejak, tusuk buhul, tusuk flanel tertutup dengan penerapan sulaman terdapat pada bagian pinggang dan siku lengan dan daya tarik konsumen menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen menyukai, hamper setengahnya kurang menyukai dan sebagian kecil sangat menyukai.

 

Kata kunci: Aplikasi, Sulaman Benang, Busana Casual


Full Text:

PDF

References


Canva. 2017. Arti Warna dan Simbol.

https://www.canva.com/id_id/belajar/arti-warna-dan-simbol-dari-merk/

Fitriana dan Fadhilah. 2020. Apresiasi Menghias Kain. Banda Aceh:Syiah Kuala University Press. https://books.google.co.id/books/about/Apresiasi_Menghias_Kain.html.

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Ismayani, Rosmala Dewi, Fitriana. 2019. Kreasi Sulam Sisir Pada Tas Santai. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Vol 4, No 1.

http://www.jim.unsyiah.ac.id/pkk/article/view/11949.

iWareBatik. 2020. Kerawang Tegak.

https://www.iwarebatik.org/?lang=id

Mia, Himawan dan Syifa Siti Patimah. 2014. Desain Busana Dari Pola Hingga Jadi. Jakarta: Prima.

Miyake, Issey. 2020. Dunia busana.

https://biebahuachim.wordpress.com/2012/11/21/busana-casual/#more88.

Moudy Yunaz Putri. 2019. Aplikasi Teknik Sulaman Pada Sepatu Berbahan Kanvas. Skripsi. FKIP. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Muhajirin dan Maya. 2017. Pendekatan Praktis Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Idea Press.

Putu Pradnyaparamita. 2012. Casual. https://fashionbelievers.wordpress.com/casual/

Putri, Aneke Widyari. 2013. Penerapan Sulam Pita pada Busana Pesta Anak Berbahan Sarung. Skripsi, Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.

Verra Zahara, Mukhirah, Fitriana. 2018. Daya Tarik Wisatawan Pada Produk Kerajinan Bordir Aceh. Vol 3 No 1. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pkk/article/view/15693.

Zulkarnaen, Yossi. 2006. Sulam Benang Untuk Pemula. Jakarta:Puspa Swara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.