PERSEPSI MAHASISWA KONSENTRASI TATA BUSANA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
Abstract
Pembelajaran mengenai teori dan keterampilan konsentrasi tata busana tidak hanya dapat dilakukan dengan model pembelajaran konvensional dan demonstrasi biasa, namun mahasiswa dapat mengajar dengan beragam model pembelajaran seperti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi mahasiswa konsentrasi Tata Busana dan keefektivitasan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Penelitian menerapkan pendekatan kuantitatif jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel secara total sampling yaitu mahasiswa konsentrasi Tata Busana angkatan 2016, 2017 dan 2018. Sebanyak 90 mahasiswa. Data diperoleh melalui kuesioner yang dijawab oleh secara online . Pengolahan data distribusi frekuensi melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa pada aspek pengetahuan, sebagian besar (lebih dari 50%) responden menyatakan setuju mengenai peningkatan pemahaman dan pengetahuan, pemecahan masalah pada diskusi, serta pencapaian hasil pembelajaran maksimal melalui model pembelajaran jigsaw. Pada aspek sikap, sebagian besar responden menyatakan setuju model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan keterampilan diskusi, menghargai pendapat, tanggung jawab, motivasi, serta saling kebergantungan positif dengan membagikan informasi. Pada aspek penerapan, sebagian besar responden menyatakan setuju model pembelajaran jigsaw memiliki tahapan pembelajaran yang efektif, seperti guru menjadi fasilitator yang baik dalam diskusi serta sistem pembagian kelompok yang efektif.
Kata Kunci : Jigsaw, Pembelajaran Kooperatif, Persepsi Mahasiswa
Full Text:
PDFReferences
Bangkit Tri Fatmawati, Widihastuti. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Menganalisis Serat Tekstil Buatan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw pada Siswa Kelas X Tata Busana di SMK Negeri 4 Yogyakarta. E-Journal Pendidikan Teknik Busana S1. Volume 7 Nomor 2. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/busana/article/view/10772 .
Fitriana dan Rosmala Dewi. 2015. Peran Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Vokasional Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Jidsaw di SMP Negeri 18 Banda Aceh. Prosiding Konvensi Nasional Aptekindo Se-Indonesia. http://jurnal.upi.edu/proceedingfptk/view/3026/Peran%20Guru%20dalam%20Meningkatkan%20Hasil%20Belajar%20Siswa%20%20pada%20Pelajaran%20Vokasional%20Melalui%20Model%20%20Pembelajaran%20Kooperatif%20Tipe%20Pair%20Jigsaw%20%20di%20SMP%20Negeri%2018%20Banda%20Aceh
Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar
M, Yamin. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press Group
Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Novia Dendy, Restiansari. 2012. Meningkatkan Kompetensi Menjahit Busana Tailoring Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMK N 2 Nganjuk. Skripsi. https://www.google.com/amp/s/docplayer.info/amp/30834728-Meningkatkan-kompetensi-menjahit-busana-tailoring-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw-di-smk-n-2-nganjuk-skripsi.html.
Putri Raihanum. 2016. Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Menjahit Aplikasi pada Media Audio Visual di SMK Negeri 1 Mesjid Raya. Skripsi. FKIP Universitas Syiah Kuala. Online. https://etd.unsyiah.ac.id/baca/index.php?id=25779&page=2
Pambudi, Wiku Bagas. 2018. Penggunaan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/68444/. Diakses pada 26 November 2020
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suherti, Euis & Rohimah, Siti Maryam. 2016. Bahan Ajar Mata Pelajaran Terpadu. Tidak diterbitkan
Syarifuddin, Nurdin. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Ruchayanti Listiana, Rosmala Dewi, Fitriana. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Group Jigsaw pada Materi Pemanfaatan Tekstil untuk Benda Kerajinan di SMP Negeri 16 Takengon. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Universitas Syiah Kuala. Volume 2 Nomor 2. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pkk/article/view/5629.
Refbacks
- There are currently no refbacks.